Breaking News:

Berita Ngawi

Waspada, 1.000 Lubang di Jalan Nasional, Bintang Film Sophan Sophian termasuk Celaka di Jalan ini

BEGITU DALAM beberapa lubang jalan, warga sekitar sampai menanami pohon di wilayah jalur jalan provinsi itu.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Parmin
surya/doni prasetyo
Warga sekitar menandai jalan rusak dengan tanaman. 

SURYA.co.id | NGAWI - Jalan negara maupun provinsi yang membentang wilayah Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi, bertahun tahun seakan tanpa perawatan.

Jalan dilalui mayoritas anggkutan berat itu penuh lubang menganga, yang setiap saat meminta korban pengendara jalan.

Saking dalamnya beberapa lubang jalan, warga sekitar sampai menanami pohon di wilayah jalur jalan provinsi itu.

Rupanya tidak hanya satu pohon ada beberapa.pohon yang ditanam disepanjang jalan provinsi mulai masuk perempatan Garon, Kecamatan/ Kabupaten Ngawi hingga terminal bus Kertonegoro, Kecamatan/Kabupaten Ngawi.

Tidak hanya jalur jalan provinsi, yang rusak beray, tapi juga jalur jalan negara membentang mulai perbatasan Kabupaten Magetan - Kabupaten Ngawi sampai Mantingan - Kabupaten Ngawi dan Sragen, Jawa Tengah, ribuan lubang jalan mengancam pengendara jalan, utamanya pengendara kendaraan roda dua.

Di sepanjang jalan negara itu, nyawa melayang tidak terhitung jumlahnya. Bahkan salah satunya bintang film legendaris dan mantan politikus Sophan Sophian.

Jalan rusak di Desa Bogo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi hingga kini masih belum ada perbaikan.

Padahal kejadian kecelakaan akibat ban motor besar yang dikendarai Sophan Sophian terperosok jalan itu terjadi saat memperingati 100 tahun, Hari Kebangkitan Nasional 17 Mei 2008 lalu.

Untuk memperingati kecelakaan itu, tempat di lubang jalan yang hingga kini belum juga diperbaiki, jembatan yang hanya sekitar dua meter dari lokasi kejadian itu, oleh warga masyarakat Desa Bogo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi dinamakan Jembatan Sophan Sophian.

"Dulu jembatan itu namanya jembatan Bogo, karena terletak di Desa Bogo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi. Tapi sejak kecelakaan bintang film Sophan Sophian, yang meninggal.ditempat itu, terus tahu tahu jembatan itu dinamakan Jembatan Sophan Sophian,"ujar Sami warga Desa Bogo, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi ditemui Surya.co.id ditaman Gubernur Surya, Minggu (5/2-2017).

Berdasarkan data sebelumnya dari Balai Pemeliharaan Jalan (BPK) UPT DPU Provinsi Jatim di Madiun, jalan negara yang membentang di wilayah Kabupaten Ngawi sepanjang 85 kilometer, sedang jalan provinsi 15 kilometer.

Kerusakan jalan negara dan provinsi membuat pejabat di Kabupaten Ngawi Prihatin, karena banyaknya lubang jalan di sepanjang jalur jalan provinsi dan negara tidak bisa dihitung dan sudah menewaskan banyak warga setempat karena berusaha menghidari lubang jalan yang kemudian malah membuat celaka, lantaran terjatuh dan dilindas mobil.di belakangnya.

Kepala Seksi (Kasi) Jalan, Balai Pemeliharaan Jalan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum (BPJ UPT DPU) Provinsi Jatim di Madiun Ir Marijatoel Kittijah menyatakan untuk pemeliharaan jalan provinsi rutin dilakukan, tapi karena curah hujan dan kendaraan yang melewati semakin bertambah banyak, kekuatan jalan tidak sesuai diharapkan.

"Sebenarnya setiap saat kami cek. Kalau sekarang ada kerusakan, hari ini juga saya perintahkan bagian perbaikan jalan untuk segera diperbaiki. Ini karena intensitas hujan yang tinggi, membuat jalan cepat aus. Mohon kami diinformasikan lokasi kerusakan jalan provinsi itu,"kata Ir Marijatoel Kittijah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved