Breaking News:

Berita Surabaya

Puncak Hujan Hingga Maret, Waspada Kecenderungan Hujan ini Bersifat Merusak

"ADA KENCENDERUNGAN bahwa hujan saat ini bersifat merusak. Ini lantaran yang dicurahkan lebih luas cakupannya."

repro: monica felicitas
PRAKIRAAN CUACA BMKG - Wilayah Surabaya, hujan lebat - sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hingga malam ini, Surabaya dan sekitarnya masih dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Hujan deras seperti itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan.

Analis dan Prakirawan Cuaca BMKG Karangploso, Anung Suprayitno, menyebutkan bahwa puncak hujan itu akan berlangsung hingga Maret.

"Januari-Maret diprediksi menjadi puncak penghujan. Termasuk di Surabaya," kata Prakirawan di BMKG yang khusus memantau kecenderungan cuaca sepanjang tahun ini.

Hingga Maret mendatang, sebagian besar wilayah Jatim termasuk Surabaya dan sekitarnya akan terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Menurutnya, tahun ini puncak hujan masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan. Periodisasi musim penghujan tahun ini diprediksi hingga Maret.

Wajar hingga malam ini hujan masih deras. BMKG Karangploso adalah lembaga yang memprediksi dan menganalisis kondisi cuaca sepanjang tahun.

Dari tahu ke tahun, musim penghujan memiliki karakterisik tersendiri. Termasuk karakteristik hujan tahun ini yang meninggi.

Anung melihat bahwa tingginya curah hujan saat ini sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya.

Namun ada karakteristik hujan yang berbeda dibanding dekade sebelumnya hujan kali ini.

"Ada kecenderungan bahwa hujan saat ini bersifat merusak. Ini lantaran yang dicurahkan lebih luas cakupannya dan lebih besar kekuatan hujannnya. Skalanya lebih kuat," kata Anung.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved