Breaking News:

Berita Lifestyle

Bikin Kostum Cosplay : Sesuaikan Karakter dan Situasi yang Ingin Ditampilkan!

Membuat kostum karakter untuk cosplay bukanlah hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus diperhatikan

surya/neneng uswatun hasanah
Tiga karakter cosplay ala siswa Alvera Fashion and Creative Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Costume Play, atau yang dikenal dengan Cosplay, adalah penampilan seni yang dilakukan dengan meniru suatu karakter (di luar karakter untuk dimainkan di atas panggung atau film) yang biasanya disesuaikan dengan jati diri tiap-tiap cosplayer.

Para cosplayer menggunakan kostum dan aksesoris sesuai karakter yang ingin ditampilkan, umumnya berasal dari komik dan anime jepang, kartun, video game, serta karakter dari film atau serial televisi.

Membuat kostum karakter untuk cosplay bukanlah hal yang mudah karena ada banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain karakter yang akan dibawakan, karakter pembawa, dan kesesuaian dengan situasi.

Filisa Isyai, penggemar cosplay yang juga desainer dan pembuat kostum karakter, mengatakan kain yang dipilih untuk digunakan sebagai bahan kostum harus memperhatikan aspek-aspek itu. Ia pun menunjukkan tiga kostum buatannya.

Yang pertama adalah kostum karakter Toujo Nozomi dari anime Love Live yang memiliki karakter ceria, dewasa, tegas, namun tetap imut.

Filisa membuat kostum Toujo Nozomi versi candy dengan warna cerah dan model kostum yang membebaskan pemakai untuk bergerak bebas sesuai karakter Toujo yang energik.
“Kostumnya menggunakan bahan katun dan drill pada rok untuk menggambarkan ketegasan karakter Toujo,” jelasnya.

Kemudian karakter Hatsunemiku dari anime Vocaloid yang merupakan penyanyi digital sehingga memiliki image bersemangat, imut, dengan senyum lembut yang memikat.

Murid Alvera Fashion and Creative itu membuat kostum Hatsunemiku berupa model kimono modifikasi warna putih untuk menyesuaikan situasi Hatsunemiku yang digambarkan berperan sebagai maskot pada Olimpiade 2020.

“Kimono menggambarkan khas Jepang, dan pada bagian obi juga tergambar bendera Jepang,” katanya.

Kostum tersebut dibuat menggunakan bahan katun yang lembut dan nyaman untuk bergerak.
Pada bagian kimono terdapat detail gambar bunga-bunga yang Filisa lukis sendiri menggunakan cat idea.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved