Berita Pamekasan

Kisah Warga Pamekasan Ingin Jadi TKI, Enam Bulan Tunggu Kepastian Malah Tertipu Puluhan Juta

Ridwan menuturkan, dirinya dijanjikan bekerja sebagai karyawan restoran di Arab Saudi dengan gaji Rp 4,5 juta/bulan.

Kisah Warga Pamekasan Ingin Jadi TKI, Enam Bulan Tunggu Kepastian Malah Tertipu Puluhan Juta
surya/muchsin
Gagal berangkat jadi TKI ke Arab Saudi, Moh Ridwanollah, melapor ke Polres Pamekasan, Selasa (24/12/2017). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Merasa dibohongi karena tak kunjung diberangkatkan menjadi TKI ke Arab Saudi, Moh Ridwanollah (31), warga Dusun Bulung, Desa Dasok, Kecamatan Pademawu, melaporkan Mudahrah (37), warga Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan ke Polres Pamekasan, Selasa (24/1/2016).

Ridwan, panggilan Ridwanollah, terpaksa melapor ke polres karena ia dijanjikan dalam waktu seminggu diberangkatkan ke Arab Saudi, namun hingga enam bulan tidak ada kepastian.

Bahkan, uang sebesar Rp 17,5 juta yang diserahkan kepada Mudahrah, tidak ada kejelasan, apakah akan dikembalikan semuanya atau tidak.

Usai melapor ke Polres Pamekasan, Selasa (24/1/2017), Ridwan menuturkan, dirinya dijanjikan Mudahrah bekerja sebagai karyawan restoran di Arab Saudi dengan gaji Rp 4,5 juta/bulan.

Sebelum berangkat, Ridwan diajak Mudahrah menemui tekong Muchlis di Jakarta. Di sana ia menyerahkan uang sebesar Rp 1.500.000.

Rinciannya, untuk pembuatan paspor sebesar Rp 1.000.00 dan check up sebesar Rp 500.000.
Setelah proses pembuatan paspor dan check up selesai, Ridwan pulang ke Pamekasan.

Kemudian untuk keberangkatan ke Arab Saudi, pada 15 Juli 2016, Ridwan menyerahkan uang sebesar Rp 17,5 juta kepada Mudahrah, disaksikan sejumlah keluarganya.

“Setelah saya menyerahkan uang Rp 17,5 juta kepada Pak Mudahrah, saya dijemput ke rumah menggunakan mobil travel dari Palenggan, berangkat rombongan menuju Jakarta. Dan di antara penumpang itu, terdapat seorang pemuda juga dijanjikan diberangkatkan bersama saya. Sementara Pak Mudahrah tidak ikut,” kata Ridwan.

Sampai di Jakarta mobil yang ditumpangi tidak mengantar ke tempat tujuan, sehingga ia berdua dengan pemuda itu naik taksi ke tempat kos-kosan Muchlis.

Di sana sudah ada lima pemuda yang juga dijanjikan jadi TKI di Arab Saudi.

Halaman
123
Penulis: Muchsin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved