Breaking News:

Olahraga

Dispora Jatim Pastikan Cabor Pencak Silat Masuk Dalam PPLP

Dispora Jatim memastikan cabor pencak silat akan masuk dalam Program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar. Begini pertimbangan mereka.

surya/dya ayu
Ilustrasi pencak silat 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim memastikan bahwa cabang olahraga pencak silat masuk dalam Program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP).

Apabila sesuai rencana, para atlet PPLP silat akan berlatih di Padepokan Pencak Silat di Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Dispora Jatim Supratomo, keputusan ini diambil karena pembibitan yang dilakukan oleh Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jatim sudah berjalan sesuai dengan harapan dan layak untuk masuk dalam PPLP.

Tak hanya itu, prestasi pesilat Jatim hingga saat ini juga terbilang sangat bagus dan berhasil mencetak juara dunia seperti pasangan Hamdani-Yusuf (seni), serta Pranoto di Jakarta 2010 dan Sarah Tria Monita yang baru meraih juara dunia di Bali Desember 2016 lalu.

Selain itu, pertimbangan lain yang membuat Dispora mengusulkan cabor ini masuk PPLP, karena di Pekan Olahraga Pelajar wilayah (Popwil) beberapa provinsi seperti Kaltim, Sulsel, maupun NTB menurunkan pesilat PPLP. Sementara untuk Jatim hingga kini belum memiliki PPLP.

"Kami melihat hanya Jatim yang belum punya PPLP cabor pencak silat, sedangkan provinsi lainnya sudah punya, ini yang menjadi pertimbangan kami," kata Supratomo yang juga sebagai Ketua Umum IPSI Jatim saat dihubungi, Selasa (24/1/2017).

Sementara terkait atlet yang akan dibina dalam PPLP nantinya akan diambil dari atlet yang berhasil meraih juara di Popda, Popwil maupun Kejurnas.

Nantinya para pesilat PPLP juga dapat berlatih bersama dengan para atlet Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim.

"Nantinya bagi atlet yang tergabung di PPLP juga diproyeksikan untuk bertanding di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas)," ujar pria bertubuh jangkung tersebut.

Penulis: Dya Ayu
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved