Berita Banyuwangi

Lihat Susahnya Petugas Puskesmas di Banyuwangi Berburu Warga Miskin yang Sakit

KABUPATEN BANYUWANGI LEBIH LUAS DARIPADA PULAU BALI. Lihat betapa susahnya petugas Puskesmas di sana.

Lihat Susahnya Petugas Puskesmas di Banyuwangi Berburu Warga Miskin yang Sakit - berita-banyuwangi-petugas-puskesmas-sempu-saat-naik-truk-menuju-kampung-seling_20170122_161014.jpg
haorrahman
Petugas Puskesmas Sempu saat naik truk menuju Kampung Seling, Banyuwangi.
Lihat Susahnya Petugas Puskesmas di Banyuwangi Berburu Warga Miskin yang Sakit - berita-banyuwangi-petugas-puskesmas-sempu-kampung-seling_20170122_161338.jpg
haorrahman
Petugas Puskesmas Sempu saat memeriksa kesehatan warga di Kampung Seling, Banyuwangi.

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km persegi, lebih luas dari Pulau Bali yang mencapai 5.636,66 km persegi.

Wilayahnya pun beragam mulai pantai, dataran rendah , hingga pegunungan. Karena itu, butuh inovasi agar layanan publik bisa dirasakan warga, utamanya warga di daerah yang aksesnya sulit ditempuh.

Itu sebabnya, petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sempu, Banyuwangi berinovasi dengan memberikan pelayanan kesehatan jemput bola mencari warga yang sakit.

Petugas Puskesmas bersama masyarakat, memberikan pelayanan dengan mendatangi rumah warga yang sakit, di daerah yang aksesnya sulit. Ini merupakan gerakan Pencari Mas, atau Pencari Masyarakat Sakit.

Bersama masyarakat, apabila terdapat warga sakit atau ibu hamil beresiko tinggi, warga melaporkan pada kepala desa, lalu diteruskan ke Puskesmas. Begitu menerima laporan, tim Pencari Mas akan turun untuk memeriksa kondisinya.

Seperti di perkampungan Seling, Dusun Krajan, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Seling merupakan sebuah perkampungan kecil di tengah hutan pinus.

Warga setempat menyebutnya Seling, artinya kesele ora eling (capeknya tidak terlupakan). Ini karena lokasi kampung tersebut yang jauh dan dengan akses yang tidak mudah.

Dibantu masyarakat Seling, petugas Puskesmas mengunjungi kampung tersebut melakukan pemeriksaan pada warga.

Untuk menuju Kampung Seling, petugas menggunakan truk yang biasanya digunakan mengangkut getah pinus. Petugas Puskesmas menempuh perjalanan sekitar 15 km menelusuri rimba pinus sekitar 1,5 jam.

Kampung ini terletak 8 kilometer dari perkampungan terakhir di Dusun Krajan, yang secara adminstratrif menaunginya.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved