Breaking News:

Berita Ngawi

Diduga Tidak Sesuai RAB, Talud Jalan di Ngawi Longsor, Ini Akibatnya

"Saya akui memang kualitas talud itu sangat rendah. Ini karena biaya pembangunannya sangat minim. Sehingga begitu air sungai meluap dan talud diterjan

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Yoni
Surya/Doni Prasetyo
Talud penahan jalan di Desa Pelanglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi yang baru sepekan dibangun dengan biaya sebesar Rp 457 juta, roboh. Akibatnya, jalan desa setempat amblas longsor ke sungai. 

 SURYA.co.id | NGAWI - Talud penahan jalan di Desa Pelanglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, baru sepekan dibangun, dengan biaya sebesar Rp 457 juta, tiba-tiba saja roboh.

Diduga kuat pembangunan talud ini menyalahi spesifikasi teknis bangunan.

Akibat robohnya talud, jalan di Desa Pelanglor ikut amblas ke sungai bengawan Solo.

Ironisnya, Kepala Desa Pelanglor Suyadi, mengakui kalau yang dibangun dengan dana desa itu tidak sesuai spesifikasi teknis bangunan talud.

Hal ini di karenakan kekurangan biaya. Sehingga kualitas bangunan penahan jalan selebar lima meter itu asal- asalan.

"Saya akui memang kualitas talud itu sangat rendah. Ini karena biaya pembangunannya sangat minim. Sehingga begitu air sungai meluap dan talud diterjang air sungai langsung roboh. Ini karena material dan spesifikasi bangunan seperti itu," kata Kepala Desa Pelanggarem. Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi Suyadi kepada Surya, Jumat (20/1/2017).

Talud yang dibangun terkesan asal-asalan itu, saat roboh praktis membuat badan jalan setempat ikut longsor dan masuk sungai.

Untung, saat itu jalan dalam.kondisi sepi, karena hujan lebat, sehingga korban dari warga setempat tidak sampai terjadi.

Meski begitu, robohnya talud diikuti longsornya badan jalan setempat membuat warga masyarakat setempat kecewa.

Karena proyek pembangunan talud penahan jalan yang dibiayai dana desa dengan menghabiskan anggaran hampir setengah miliar rupiah itu, bangunan hanya bertahan kurang dari sepekan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved