Breaking News:

Profil

Tasya Sianturi : Berharap Pemkot Punya Program MCK Gratis

“DI SURABAYA ini masih banyak warga yang di sekitarnya tak dilengkapi MCK umum, apalagi MCK di rumah,” ucapnya.

surya/ahmad pramudito
Tasya Sianturi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masih ada warga Surabaya yang tak memperhatikan soal sanitasi di lingkungan sekitarnya? Bagi Tasya Sianturi, fakta ini sama sekali bukan hal baru.

Pasalnya, Sarjana Sosiologi FISIP Universitas Airlangga Surabaya ini sempat mengamati kondisi tersebut saat masih berstatus sebagai mahasiswa.

“Waktu dapat tugas dari kampus, sempat blusukan ke perkampungan di daerah Gubeng, saya sempat menyaksikan kondisi itu,” paparnya.

Tasya yang kini staf resepsionis di Hotel Singgasana Surabaya ini menambahkan, selain di kawasan Gubeng, hal serupa masih banyak terjadi di wilayah pinggiran Surabaya.

“Terutama yang berdekatan dengan sungai, bahkan masih ada yang tak punya kakus sendiri, dan lebih suka buang air di sungai,” katanya.

Kesejahteraan disoroti Tasya sebagai pemicu minimnya perhatian masyarakat terhadap sanitasi, khususnya berkaitan dengan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) ini.

“Di Surabaya ini masih banyak warga yang di sekitarnya tak dilengkapi MCK umum, apalagi MCK di rumah,” ucapnya dengan nada prihatin.

Fenomena ini tak jauh berbeda yang dia lihat di lokasi kegiatan KKN yang dilakukan di kawasan Lamongan.
“Kalau di luar Surabaya, mungkin masih bisa diterima warga sebuah perkampungan tak ada MCK sendiri. Tapi, di Surabaya bisa terjadi seperti itu tentu sangat menyedihkan,” tandasnya.

Selain masalah ekonomi, Tasya menilai minimnya pendidikan masyarakat setempat menjadi penyebab lemahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya fasilitas sanitasi ini.

“Mereka yang tak punya jamban di rumah ini kan lebih banyak dari kalangan ekonomi menengah bawah. Di kelas ini otomatis pendidikan masyarakatnya pun masih rendah,” bebernya.

Halaman
12
Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved