Berita Gresik

Pemkab Gresik Akan Hidupkan Terminal MPU Untuk Kembalikan PAD

Pemerintah Kabupaten Gresik akan merevitalisasi terminal MPU di sejumlah kawasan untuk mengembalikan PAD. Begini rencananya.

Pemkab Gresik Akan Hidupkan Terminal MPU Untuk Kembalikan PAD
Surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Suasana di terminal Bunder, Gresik. Setelah pengelolaan terminal ini dialihkan ke Pemprov Jatim, Pemkab Gresik akan merevitalisasi terminal MPU untuk mengembalikan PAD yang potensial hilang. 

SURYA.co.id | GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik bakal membangun dan merevitalisasi terminal MPU (mobil penumpang umum) di sejumlah titik di Kabupaten Gresik.

Selain untuk menata terminal tipe C, upaya ini sengaja dilakukan untuk mengatasi persoalan hilangnya pendapatan asli daerah (PAD) hingga Rp 100 juta per tahun gara-gara pengelolaan terminal bus dan MPU Bunder diambil-alih Pemprov Jatim.

"Upaya mempertahankan terminal MPU Bunder sudah kandas. Kami akan memaksimalkan terminal tipe C yang ada. Terutama terminal MPU di Kota dan di Kecamatan Menganti," kata Kepala Dinas Perhubungan Gresik, Andhy Hendro Wijaya, Rabu (18/1/2017).

Dua terminal itu bakal direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya untuk menutupi hilangnya potensi pendapatan yang hilang.

"Kalaupun tidak sebesar itu, minimal bisa menambah pendapatan," tukasnya.

Rencana pembangunan dua terminal itu juga mendapat dukungan dari DPRD Gresik. Dewan menilai, langkah itu tepat untuk mengatasi raibnya potensi pendapatan.

"Kami rasa, keputusan memaksimalkan terminal milik Pemkab Gresik itu cukup bagus untuk menutupi potensi pendapatan yang hilang," ujar Ketua Komisi C DPRD Gresik, Moh Syafi' AM.

Menurut dia, hilangnya pendapatan dari Terminal Bunder harus mendapat perhatian dengan mengambil langkah-langkah strategis.

Dalam hal ini, dewan menilai Dishub harus punya terobosan baru untuk meningkatkan pendapatan.

Jika terminal kelas C jadi ada peningkatan kualitas, diharapkan angkutan massal semakin diminati masyarakat.

"Dengan pelayanan yang bagus dan sebagainya, agar ada minat warga untuk menggunakan angkutan umum," sambung dia.

Sebagai dukungan atas upaya revitalisasi terminal, Badan Anggaran DPRD Gresik juga telah menyiapkan anggarannya. Berapa nominalnya, dewan masih menunggu site plan dari Dishub.

Baca juga: Upaya Dishub Gresik Mempertahankan Aset Terminal Bunder Kandas

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved