Berita Gresik

Upaya Dishub Gresik Mempertahankan Aset Terminal Bunder Kandas

Upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik mempertahankan aset Terminal Bunder kandas.Semua pengelolaan terminal Bunder diambil-alih, termasuk terminal

Upaya Dishub Gresik Mempertahankan Aset Terminal Bunder Kandas
Surabaya.tribunnews.com/M Taufik
Suasana di terminal Bunder, Gresik 

SURYA.co.id | GRESIK - Upaya Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik mempertahankan aset Terminal Bunder kandas.

Kendati yang diupayakan hanya terminal MPU, tetap saja tidak mampu membendung keinginan Dishub Pemprov Jatim untuk mengelola terminal kelas B tersebut.

"Tadi barusan ada pertemuan dengan Dishub Provinsi. Dan telah diputuskan bahwa semua pengelolaan terminal Bunder diambil-alih, termasuk terminal MPU," ungkap Kepala Dishub Gresik, Andhy Hendro Wijaya, Selasa (17/1/2017).

Dijelaskan, pengelolaan terminal bus Bunder Gresik mulai diambil-alih Pemprov Jatim sejak 1 Januari 2017.

Ini berdasar UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah yang menyebut bahwa terminal tipe A pengelolaannya diambil alih pemerintah pusat, sedangkan terminal tipe B menjadi kewenangan Pemprov.

Dalam perpindahan pengelolaan ini, para pegawai Dishub Gresik juga sebagian ditarik oleh Pemprov.

Petugas yang mengelola terminal telah dibuatkan UPT Dishub Jatim untuk wilayah Terminal Bunder.

"Sejak beberapa waktu lalu, kami berusaha mempertahankan agar yang dikelola pemprov hanya terminal bus, sementara terminal MPU tetap dikelola Pemkab Gresik," urainya.

Ternyata upaya itu kandas setelah digelar pertemuan dengan Pemprov Jatim. "Ya mau gimana lagi, kita tetep harus legowo. Wong ketentuannya memang demikian," sambung Andy.

Keputusan inipun langsung dijalankan mulai Rabu (18/1/2017). Terminal MPU yang selama ini dikelola Pemkab, langsung berpindah pengelolaannya. Dan Andhy menyebut akan langsung menarik semua pegawainya yang selama ini bertugas di sana.

Akibat berpindahnya pengelolaan terminal Bunder, mulai tahun ini Pemkab Gresik harus rela kehilangan pendapatan sekitar Rp 100 juta per tahun. Yakni, pendapatan dari retribusi pengelolaan terminal bus dan MPU di sana.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved