Breaking News:

Berita Magetan

Sejak 2 Hari Wisata Sarangan Dilanda Badai, Jalur ke Puncak Gunung Lawu Ditutup, ini Tujuannya

"PENUTUPAN jalur jalan pendakian Cemorosewu sampai waktu tidak ditentukan, selama musim angin kencang disertai hujan masih melanda."

Surya/Doni Prasetyo
Kawasan wisatawan Telaga Sarangan. 

SURYA.co.id | MAGETAN - Saat ini di kawasan wisata Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dilanda musim angin kencang disertai hujan deras.

Angin kencang yang bertiup dikawasan wisata ini akan berlangsug hingga satu bulan ke depan.

Akibatnya di kawasan itu rawan pohon tumbang dan tanah longsor.

"Sesuai ramalan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya dan Surat Gubernur Jatim, musim angin kencang dikawasan Sarangan diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan bulan Februari 2017,"kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Ferry Yoga Saputra, Senin (16/1/2017).

Angin kencang ini, lanjut Ferry Yoga Saputra, sudah melanda kawasan wisata Sarangan dan sekitarnya sejak dua hari lalu, Sabtu (14/1-2017).

"Meski musim angin kencang itu berpontensi adanya bencana pohon tumbang dan tanah longsor. Tapi sejak kejadian Sabtu (14/1-2017) kemarin hanya satu pohon yang tumbang dikawasan Dusun Mojosemi, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, itu pun jauh dari kawasan wisata,"jelas Ferry Yoga Saputra.

Dikatakan Ferry, selain satu pohon diketahui tumbang akibat musim angin kencang dikawasan Gunung Lawu, juga terdapat tiga titik longsor di wilayah itu.

"Kalau longsor pertama diketahui sepekan lalu. Tapi skala longsornya kategori kecil kemudian disusul longsor kedua dan ketiga,"kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan ini.

Adanya musim angin kencang disertai hujan deras dikawasan Gunung Lawu dan sekitarnya itu membuat Pemerintah Kabupaten Magetan menutup jalur pendakian Cemorosewu, di Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

"Karena musim angin kencang disertai hujan deras di kawasan Gunung Lawu, Pemkab Magetan memutuskan untuk menutup jalur pendakian Gunung Lawu di Cemorosewo,"kata Ferry.

Kebijakan itu, kata Ferry, diputuskan Pemkab Magetan untuk melindungi pencinta alam yang berkeinginan mendaki puncak Gunung Lawu lewat pintu pendakian di Dusun Cemorosewu, Sarangan itu.

"Penutupan jalur jalan pendakian Cemorosewu sampai waktu tidak ditentukan, selama musim angin kencang disertai hujan masih melanda kawasan Gunung Lawu sekitar,"pungkas Ferry Yoga Saputra.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved