Advertorial

Dewan Impikan Transportasi Massal di Surabaya segera Terwujud

“KITA BERHARAP tahun depan AMC bisa segera dimulai. Toh kita juga sudah punya sejumlah gedung park and ride."

Dewan Impikan Transportasi Massal di Surabaya segera Terwujud
foto:istimewa
Ketua DPRD Kota Surabaya Ir Armuji. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tutup buku 2016, tak juga meninggalkan catatan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dari DPRD.

Saat ini, anggaran belanja pemkot untuk tahun 2017 mencapai Rp 8,3 trilliun.

Ketua DPRD Kota Surabaya Ir Armuji berpesan agar pemkot ke depan harus bisa maksimal dalam menyerap anggaran.

"Saran kami, Satker (satuan kerja) dan Dinas harus bisa menyerap anggaran dengan maksimal. Ini catatan penting," kata Armuji, Rabu (28/12/2016).

Menurutnya, selama ini ada satker dan dinas yang hanya menyerap anggaran 70 persen.

Tahun 2017 mendatang, serapan anggaran harus minimal 85 persen.

Tak hanya itu. Untuk bisa meningkatkan kinerja serta sinergitas antara eksekutif dan legislatif, Armuji juga berpesan kepada Wali Kota Tri Rismaharini.

"Setiap kali hearing di DPRD Kota Surabaya, agar jangan hanya kepala bidangnya yang datang. Harus kepala dinas, agar ada keputusan yang tuntas," tandas Cak Ji, sapaan Armuji.

Sebab, kata Cak Ji, dalam hearing kerap ada momentum dimana harus ada keputusan. Sehingga pembuat kebijakanlah yang harus hadir.

DPRD mengeluhkan kerap Kepala Dinas yang memilih tak hadir dalam hearing. Dan ketika ada keputusan harus ditunda, karena berdalih harus melapor dulu ke kepala dinas.

Selain itu, Armuji juga meminta pemkot juga mengakomodir aspirasi masyarakat.

Salah satunya yang belum terwujud adalah soal cita-cita pengadaan angkutan massal cepat (AMC) atau moda transportasi massal.

Memang saat ini Surabaya sudah punya angkutan massal, yakni bus dalam kota. Namun saat ini kondisinya sudah sangat tidak nyaman.

“Kami harap tahun depan AMC bisa segera dimulai. Toh kita juga sudah punya sejumlah gedung park and ride. Kalau ada AMC, kenyamanan masyarakat Surabaya dalam bertransportasi juga akan meningkat,” tegasnya. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved