Berita Pendidikan Jatim

Pemprov Jatim Berniat Menggelar UNBK di Semua Jenjang Sekolah

UNAS BERBASIS KOMPUTER. Ada 140 SMA/SMK di Jatim yang belum terakreditasi. Sekolah-sekolah itu tidak boleh menjadi penyelenggara UNBK.

Pemprov Jatim Berniat Menggelar UNBK di Semua Jenjang Sekolah
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
ARSIP - Suasana ujian di SMPN 2 Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 100 persen untuk SMA dan SMK di Surabaya telah dimulai. Yaitu dengan melakukan pemetaan sekolah yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri ataupun menumpang.

Penasehat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMK Swasta, Yusuf, mengungkapkan pendataan kemampuan sekolah dalam melaksanakan UNBK telah dilakukan MKKS. Meskipun tidak mampu melaksanakan UNBK secara mandiri, tapi beberapa opsi menumpang sudah disiapkan.

“Tahun lalu tidak ada 10 persen dari jumlah SMK Swasta yang menumpang UNBK ke sekolah lain. Kalau bisa ya dengan dikelola provinsi maka semakin meningkat kualitasnya,” jelasnya ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Selasa (27/12/2016).

Berdasarkan data di website Sahabat UNBK Surabaya tahun 2016 yang dikelola Dinas Pendidikan Kota Surabaya, tahun lalu dari 101 SMK negeri dan swasta hanya ada 3 sekolah yang menumpang UNBK.

Pelaksanaan mandiri sejumlah SMK ini menurutnya tak lepas dari upaya penambahan fasilitas. Mulai dari hibah hingga memanfaatkan dana BOS. Hal ini dibenarkan Kepala SMKN 1 Surabaya, Bahrun. Tahun lalu pihaknya menampung 2 sekolah Swasta untuk melaksanakan UNBK.

"Tahun ini kami sudah koordinasi, semuanya mandiri. Tidak ada yang menumpang di tempat kami,"ungkapnya.

Kepala Dindik Jawa Timur, Saiful Rachman mengatakan, pelaksanaan ujian nasional dilakukan semaksimal mungkin dengan berbasis komputer atau UNBK.

Bahkan, kalau bisa 100 persen untuk jenjang SMP, SMA, SMK, maupun Mts dan MA negeri maupun swasta di seluruh Jawa Timur. 

“Minggu ini kami data dari MKKS SMK, minggu depan dari MKKS SMA,” jelasnya.

Pemetaan yang dimaksud adalah terkait ketersediaan jumlah komputer di sekolah. Terutama komputer yang siap digunakan untuk UNBK, sekaligus servernya. Hasil pemetaan itu yang akan diajukan kepada pemerintah pusat.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved