Berita Surabaya

Begini Treatment untuk Mengurangi Dampak Gadget Pada Postur dan Penglihatan Anak

KECANDUAN GADGET.Anak-anak dan orang dewasa yang sudah kecanduan gadget itu biasanya mengalami gangguan pada postur tubuh dan penglihatan mereka.

Begini Treatment untuk Mengurangi Dampak Gadget Pada Postur dan Penglihatan Anak
surya/neneng uswatun hasanah
Treatment Gadget Holic dari Marybetts Sinclair LMT, terapis dari Amerika Serikat dalam peluncuran treatment "Gadget Holic" di Mom n Jo Baby Spa untuk mengurangi dampak pemakaian gadget pada postur tubuh dan penglihatan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pada zaman yang semakin canggih ini, anak-anak dan orang dewasa semakin familiar dengan gadget bahkan hingga kecanduan dan sulit untuk melepaskan diri.

Berdasarkan penelitian tahun 2016, rata-rata orang dewasa menghabiskan 9 jam setiap hari untuk melihat ponsel, tablet, komputer, dan video game.

Sementara anak-anak menghabiskan setidaknya 6,5 jam per hari.

Anak-anak dan orang dewasa yang sudah kecanduan gadget itu biasanya mengalami gangguan pada postur tubuh dan penglihatan mereka.

"Penggila gadget seringkali menggunakannya dengan posisi menunduk atau tiduran. Posisi tersebut akan menambah beban pada pundak dan leher sebanyak 6 kali lipat dari posisi tegak," ujar Marybetts Sinclair LMT, terapis dari Amerika Serikat dalam peluncuran treatment "Gadget Holic" di Mom n Jo Baby Spa, Jl Prapanca no 36 Surabaya.

Posisi kepala dan bahu saat menggunakan gadget menjadi faktor terbesar yang menyebabkan sakit leher dan ketegangan pada bahu.

Mary mengatakan, jika kepala lebih sering maju, otot di depan leher akan memendek sedangkan otot di bagian belakang leher akan memanjang.

Posisi tersebut, tambahnya, juga meningkatkan stres pada tulang belakang dan sendi tulang punggung, juga otot pada kepala dan leher karena harus bekerja dengan posisi yang lebih maju dari biasanya.

Hal tersebut juga menyebabkan ketegangan dan rasa sakit.

“Posisi itu juga tidak baik untuk mata karena mata akan melihat fokus pada satu jarak dan obyek untuk waktu yang lama,” jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved