Berita Mojokerto

Mulai Besok Tol Jombang-Mojokerto Tak Gratis, Ini Daftar Tarifnya

TARIF TOL. Pemberlakuan tarif ini dilakukan usai masa uji coba selama 20 hari di sepanjang lima km yang terhubung antara Desa Canggu...

Penulis: Sudharma Adi | Editor: Musahadah
surya/sudharma adi
Gerbang tol Joker seksi 3 yang sudah diujicoba gratis sejak 1 Desember kemarin. Mulai Rabu (21/12), tol itu akan dikenai tarif Rp 4000. 

SURYA.co.id|MOJOKERTO - Usai dibuka per 1 Desember 2016, ruas Tol Jombang-Mojokerto (Joker) seksi 3 akan dikenai tarif mulai 21 Desember 2016.

Pemberlakuan tarif ini dilakukan usai masa uji coba selama 20 hari di sepanjang lima km yang terhubung antara Desa Canggu, Kecamatan Jetis hingga Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Rinaldi menguraikan, ketika dibuka pada 1 Desember 2016, pengelola ruas tol ini menggratiskan sementara tol bagi pengguna kendaraan roda empat.

"Di awal Desember memang gratis sebagai langkah sosialisasi pengelola, sekaligus karena SK tarif belum diterima," tuturnya kepada wartawan, Selasa (20/12/2016).

Adapun besaran tarif ruas tol Joker seksi 3 untuk Golongan I yakni sedan, jip, pick up atau truk kecil dan bus adalah Rp 4 ribu.

Untuk Golongan II yakni truk dengan dua gandar sebesar Rp 5.500.

Lalu Golongan III yakni truk dengan tiga gandar yakni Rp 7.500. Sedangkan Golongan IV yakni truk dengan empat gandar sebesar Rp 9.500, dan Golongan V yakni truk dengan lima gandar sebesar Rp 11.500.

Besaran tarif ini berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 996/KPTS/M/2016 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Joker Seksi III.

"Tarif ini akan berlaku efektif pada 21 Desember 2016 mulai pukul 00.00 WIB," urainya.

Seorang pengguna tol, Handi Firmansyah merespon positif adanya ruas tol itu. Apalagi, jalan di daerah Jetis memang sering padat kendaraan.

"Adanya tol ini memang cukup membantu mengurai kemacetan kendaraan," ujarnya.

Pria pehobi sepatu roda ini juga menilai tarif tol yang diberlakukan besok masih terjangkau pengguna kendaraan.

Apalagi, panjang ruas tol seksi 3 ini tak terlalu pendek. "Namun saya berharap, tarif tol tetap berlaku dalam waktu lama dan tak ada kenaikan," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved