Berita Pamekasan

Akun Facebook Pejabat Pamekasan Dibajak, Si Penipu Minta Ini ke Korbannya

Beberapa jam sebelumnya ia sempat melihat pejabat Pamekasan itu buat status di Facebook, korban pun yakin dan percaya.

Akun Facebook Pejabat Pamekasan Dibajak, Si Penipu Minta Ini ke Korbannya
gainesvillescene.com
Ilustrasi : Facebook dibajak 

SURYA.co.id | PAMEKASAN – Akun Facebook milik Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pamekasan, Madura, Herman Kusnadi diretas orang tidak dikenal.

Hal itu diketahui setelah si peretas meminta kiriman pulsa kepada teman-teman Herman Kusnadi sejak Sabtu (10/12/2016) siang.

Teman-temannya yang tertipu, bahkan ada yang sudah memenuhi permintaannya dengan mentransfer pulsa sebesar Rp 100.000.

Seperti yang diungkapkan Abdul Gafur, warga Jl Stadion Pamekasan, ia mendapat pesan dari akun Facebook Herman Kusnadi minta kiriman pulsa sebesar Rp 100.000.

Karena beberapa jam sebelumnya ia sempat melihat Herman buat status di Facebook, Gafur yakin dan percaya jika yang meminta pulsa itu Herman Kusnadi, sehingga ia membelikan pulsa sebesar 100.000.

Namun setelah dikirim pulsa 100.000, masih minta kiriman lagi 200.000, sehingga Gafur curiga jika yang minta kiriman pulsa ini bukan Herman Kusnadi.

Kemudian untuk memastikannya, Gafur menghubungi nomornya 081370295386 yang tertera, namun tidak diangkat.

“Nah saya baru tersadar, jika orang yang meminta pulsa itu bukan Pak Herman Kusnadi, tapi orang lain yang sudah membajak akun FB Pak Herman dan memanfaatkan dengan minta kiriman pulsa,” kata Abdul Gafur, kepada SURYA.co.id, Minggu (11/12/2016).

Dikatakan, awalnya pelaku mengucapkan salam. Kemudian ia membalasnya. Setelah itu pelaku mengucapkan mohon maaf dan minta tolong sebentar, Gafur lalu membalasnya.

Selanjutnya pelaku menulis kalimat, ‘’minta tolong isiin pulsa. Soalnya di sini gak ada yang jual pulsa telkomsel. Mau isi pula dari m-banking sedang error. Soalnya ada yang mau dihubungi penting. Soalnya pulsa bener-benner kosong. Bagaimana bisa diisin, sebentar. Ntar diganti uang pulsanya. Tolong ya’’.

Menyadari akun Facebooknya diretas, Herman Kusnadi, langsung membuat klarifikasi dan menulis status jika akunnyatelah dibajak.

“Tolong kepada teman-teman, apabila ada orang mengatasnamakan saya minta pulsa dan sebagainya, supaya jangan dilayani. Karena akun FB saya kena hacker. Terima kasih,” kata Herman Kusnadi.

Penulis: Muchsin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved