Breaking News:

Berita Pasuruan

Wow, Menristek Dikti Janji Berikan Beasiswa Sarjana Bagi Para Santri di Pasuruan

"Pak Bupati dan Pak Wali Kota, silahkan didata santri di Pasuruan yang mau kuliah. Nanti, Insyallah akan saya bantu mendapatkan beasiswa. Karena sejuj

surya/Galih Lintartika
Menristek Dikti M Nasir saat memberikan sambutan dalam acara Haul ke - 35 KH Abdul Hamid bin Abdullah Umar dan Haul ke - 26 Ibu Nyai Hj Nafisah Ahmad Qusairy di Ponpes Salafiyah Jalan KH Hamid Panggurejo, Kota Pasuruan,Sabtu (10/12/2016). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Menristek Dikti M Nasir berjanji akan membantu para santri di kabupaten atau kota Pasuruan mendapatkan beasiswa pendidikan sarjana.
Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Haul ke - 35 KH Abdul Hamid bin Abdullah Umar dan Haul ke - 26 Ibu Nyai Hj Nafisah Ahmad Qusairy di Ponpes Salafiyah Jalan KH Hamid Panggurejo, Kota Pasuruan,Sabtu (10/12/2016).

Di hadapan para santri, M Nasir mengatakan bahwa pihaknya memiliki program beasiswa S1 yang diberikan kepada 90.000 anak bangsa.

"Dia harus pintar dan ada kemauan untuk belajar, pasti akan kami beri beasiswa ini. Termasuk para santri yang ada di pondok pesantren Pasuruan. Saya pribadi siap membantunya," kata M Nasir.

Dia mengatakan bahwa orang yang pintar itu orang yang tidak mudah dibohongi dengan tipu daya. Santri tidak boleh menjadi santri biasa.

Santri harus ahli dalam bidang ilmu agama dan ahli dalam bidang ilmu lainnya. Beberapa waktu lalu, pihaknya menjadi jembatan bagi santri yang ingin kuliah tapi tidak memiliki biaya.

"Sederhana, syarat santri mendapatkan beasiswa sarjana cukup bisa mengaji dan menguasai amalan - amalan Islam. Tentunya yang masuk dalam kriteria yakni berasal dari keluarga kurang mampu," tandasnya.

Saat ini, kata pria asal Ngawi ini, santri harus modern. Meski terlihat hanya sarungan, tapi ilmu yang dimiliki harus luar biasa.

"Pak Bupati dan Pak Wali Kota, silahkan didata santri di Pasuruan yang mau kuliah. Nanti, Insyallah akan saya bantu mendapatkan beasiswa. Karena sejujurnya dimana ada kemauan pasti ada jalan. Dalam bahasa lain, ada banyak jalan menuju Roma," paparnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Acara ini dihadiri beberapa kiai dan tokoh agama asal Pasuruan dan luar Pasuruan. Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf pun juga terlihat hadir di tengah - tengah kegiatan.

Selain itu, acara juga dihadiri Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wali Kota Pasuruan Setiyono beserta jajaran.

Acara juga dihadiri puluhan ribu santri se - Indonesia. Ada yang berangkat dari Madura, Surabaya, Pekalongan, Jawa Tengah dan sebagainya.

Dalam sambutannya, Gus Ipul, sapaan akrab Wakil Gubernur Jawa Timur mengajak para santri untuk perang melawan narkoba. Dia menyebutkan bahwa saat ini, Indonesia, khususnya Jawa Timur sedang darurat narkoba.
"Narkoba sudah masuk di ponpes. Hal ini harus diwaspadai. Jangan sampai santri - santri menjadi korban kerasnya narkoba," pungkasnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved