Breaking News:

Berita Surabaya

Cari Bibit Atlet Selam, Dispora Jatim Gelar Eksebisi Selam Pekan Olahraga SD

"Selam memang layak dilombakan meski sifatnya masih eksebisi. Kami melihat antusias yang luar biasa dari siswa-siswa SD setiap kali ada kejuaraan," ka

dya
Tim selam Jatim saat mengikuti kejuaraan nasional di kolam renang Gor Delta Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim memastikan eksebisi cabang olahraga (cabor) selam ada di Pekan Olahraga Sekolah Dasar (POR SD) 2017.

Kepastian ini muncul setelah pihak Dispora Jatim melihat dan meninjau disetiap gelaran kejuaraan selam diseluruh kabupaten dan kota di Jatim selalu diikuti ratusan peserta usia SD.

Apalagi saat melihat penyelenggaran Kejurnas Piala Gubernur Bulan Nopember lalu yang diikuti siswa SD dari seluruh daerah di Jatim.

"Selam memang layak dilombakan meski sifatnya masih eksebisi. Kami melihat antusias yang luar biasa dari siswa-siswa SD setiap kali ada kejuaraan," kata Kepala Dispora Supratomo kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Kamis (8/12/2016).

Rencananya eksebisi POR SD 2017 akan digelar di Kolam renang Veteran Karangsari, Sukodono Kabupaten Lumajang.

Namun hingga kini pihak Dispora Jatim masih belum memastikan kapan gelaran itu akan terlaksana karena harus melihat kelayakan kolam yang ada di Lumajang tersebut.

"Masih banyak yang harus dipersiapkan termasuk kolam. Sebab eksebisi ini bersifat mandiri, artinya dana penyelenggaraan di tanggung pengurus cabor," tutur pria bertubuh proposional tersebut.

Sementara itu, Ketua Harian Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim, Mierza Mutaqien menyambut gembira kepastian selam dilombakan di POR SD ini walau bersifat eksebisi dan mandiri.

Dirinya mengaku bahwa saat ini memang sangat diperlukan lomba-lomba selam untuk pencarian binit muda selam yang nantinya dapat dibina untuk mengharumkan nama Jatim di kanca Nasional dan Internasional.

"Kami siap dan tidak masalah meski ini sifatnya masih eksebisi dan mandi. Yang terpenting untuk anak-anak SD ada yang memfasilitasi berupa eksebisi. sebab kami juga membutuhkan bibit atlet muda," kata Mirza Mutaqien, Kamis (8/12/2016).

Secara terpisah, Kabid Prestasi POSSI Jatim, Moch Riyad mengatakan bahwa eksebisi ini akan berdampak positif untuk selam Jatim.

Selain menjaring atlet selam junior juga memberikan kesempatan bagi atlet SD untuk berprestasi dicabor selam.

"Dampaknya banyak, selain mendapatkan atlet junior, olahraga selam akan semakin dikenal masyarakat," tuturnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Dya Ayu
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved