Citizen Reporter

Agar Tidak Sekadar Digugu dan Ditiru, maka Menulislah Guru

guru di zaman digital tidak cukup untuk digugu dan ditiru.. butuh sesuatu agar guru lebih dari itu, yaitu...

Agar Tidak Sekadar Digugu dan Ditiru, maka Menulislah Guru
unplash/px
ilustrasi 

Reportase Husain Yatmono
Pegiat IGI Kabupaten Gresik/anggota Komunitas Guru Menulis Gresik

IKATAN Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Gresik mengadakan pelatihan menulis opini di media bagi guru. Bekerjasama dengan Media Guru, diharapkan tercipta komunitas guru menulis di Gresik yang akan melahirkan guru-guru berkemampuan menulis yang hebat.

Pelatihan dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, 6-27 November 2016, yang terbagi dalam tiga tahap pertemuan. Pertemuan pertama, peserta  diajarkan bagaimana cara menulis opini dan kiat menembus meja redaksi.

Guru juga belajar teknik menulis opini, bahasa opini, serta praktik dan evaluasi langsung oleh Eko Prasetyo, kolumnis dan dosen jurnalistik di perguruan tinggi di Surabaya.

Pada tahapan praktik yang berlangsung selama dua minggu, guru bisa berkonsultasi tentang karya tulis mereka melalui media sosial selama 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Tidak jarang dalam masa praktik dan pendampingan online ini tulisan guru harus direvisi agar menjadi tulisan yang nikmat dibaca.

Di pertemuan kedua yang dilaksanakan pada 27 November 2016, guru diminta mengumpulkan tugas menulis opini yang telah diberikan pada pertemuan pertama. Di pertemuan inilah, artikel tulisan guru dibedah bersama, dikupas habis hingga tulisan siap kirim ke media.

Pelatihan menulis yang baru pertama diadakan IGI Kabupaten Gresik ini, diikuti 20 guru dari sekolah dasar hingga menengah atas di Gresik.

Peserta pelatihan sengaja dibatasi karena panitia mengedepankan mutu pelatihan agar setiap peserta bisa menghasilkan karya tulis berkualitas.

Sertifikat pelatihan diberikan setelah peserta mengikuti semua tahapan proses pelatihan. Artinya, setiap peserta harus menulis opini dan dinyatakan lulus baru mendapatkan sertifikat.

Peserta yang telah menyelesaikan artikel dan termuat di media cetak, akan diberikan sertifikat khusus oleh Media Guru yang ditandangani Pemimpin Umum MediaGuru, Eko Prasetyo.

Mereka juga akan diberikan hak untuk menjadi kolumnis di Media Guru serta didorong untuk menjadi penulis opini di media atau surat kabar lain yang telah bermitra dengan Media Guru maupun yang belum.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved