Berita Jombang

Jelang Aksi 212, Polisi Jombang ‘Sweeping’ Angkutan Umum

DEMO 212. Di razia itu, polisi mendapati 36 orang asal Jombang yang hendak bergabung dalam aksi bela Islam.

Jelang Aksi 212, Polisi Jombang ‘Sweeping’ Angkutan Umum
surya/sutono
Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto, saat melakukan pemeriksaan kepada sejumlah penumpang bus umum di Jalan Raya Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo, perbatasan Jombang-Nganjuk. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Kepolisian Resort Jombang menyisir alias sweeping sejumlah angkutan umum yang melintas di jalur nasional kabupaten setempat, Kamis (1/12/2016).

Sweeping diwujudkan dengan pemeriksaan di Stasiun Kereta Api (KA) Jombang dan bus-bus umum di Jalan Raya Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo, yang berbatasan langsung dengan Ketosono Kabupaten Nganjuk.

Sweeping ini guna mengantisipasi hal negatif  dan memberi rasa aman kepada masyarakat menjelang rencana demo damai di Jakarta, yang dikenal dengan demo 212, Jumat besok (2/12/2016).

Pemeriksaan dilakukan dengan cara persuasif, mulai pemeriksaan seluruh bodi kendaraan, barang bawaan penumpang, hingga identitas para penumpang.

Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan, di razia itu, polisi mendapati 36 orang  asal Jombang yang hendak bergabung dalam  aksi bela Islam.

Mereka memanfaatkan jasa angkutan kereta api untuk menuju Jakarta.

Namun demikian, petugas tidak mendapati satu pun penumpang yang dinilai mencurigkan maupun barang bawaan milik calon pendemo  yang dianggap berbahaya, sehingga dibolehkan berangkat.

“Namun sampai saat ini, untuk yang naik kendaraan bus belum kami dapatkan,” kata Agung.

Sedangkan yang naik KA, Agung merinci terdiri dari 23 orang warga Jombang yang naik di Stasiun KA Jombang, ditambah 13 warga Jombang tapi naik KA melalui Stasiun KA Mojokerto.

“Tetapi sejauh ini belum ada yang mencurigakan atau yang diindikasikan membawa barang terlarang, sehingga mereka disilakan meneruskan perjalanan,” kata Agung Marlianto.

Menjelang aksi bela Islam 2 Desember besok, Kapolres Agung Marlianto, mengimbau kepada masyarakat agar tetap melaksanakan ibadah Salat Jumat di tempat mereka masing-masing.

Bagi masyarakat yang memaksakan diri berangkat mengikuti aksi 212 besok, pihaknya akan mengawal mereka saat berangkat hingga perbatasan kota maupun saat pulang ke rumah mereka masing-masing.

Penulis: Sutono
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved