Berita Madiun

Diundang ke Madiun, Kak Seto Ajari Cara Mendongeng dan Membuat Lagu

SETO MULYADI: Mendongeng melatih berkomunikasi, merangsang kreativitas, melatih perkembangan moral, bahasa, emosi, serta...

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Musahadah
surya/rahadian bagus
Kak Seto menjadi pembicara dalam workshop minat baca, memperingati Hari Kesehatan Gerak PKK KB Kesehatan, Kamis (1/12/2016) siang. 

SURYA.co.id|MADIUN - Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Setyo Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto, mengatakan saat ini orangtua lupa mendongeng untuk anak-anak.

Hal itulah yang menurut Kak Seto, menjadi penyebab anak menjadi kurang berani bicara atau pendiam dan tidak kreatif.

"Kenapa banyak anak tidak aktif bicara? Itu karena orangtua jarang mendongeng lagi kepada anak-anaknya," kata Kak Seto di depan ribuan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK)di Pendopo Kabupaten Madiun, Kamis (1/12 2016) pagi.

Pagi itu, Kak Seto sengaja diundang kantor Perpustakaan Pemerintah Kabupaten Madiun untuk menjadi pembicara dalam workshop minat baca, memperingati Hari Kesehatan Gerak PKK KB Kesehatan.

Membacakan dongeng untuk anak, kata Kak Seto, sangat penting untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak.

Mendongeng, lanjutnya, juga melatih berkomunikasi, merangsang kreativitas, melatih perkembangan moral, bahasa, emosi, serta mengembangkan proses identifikasi dan merangsang minat baca anak.

Kak Seto memberi contoh cara mendidik, Putri Kerajaan Inggris, Lady Diana yang selalu menyempatkan waktu untuk membacakan dongeng pada saat menidurkan anaknya.

Dikatakannya, agar anak-anak tidak bosan ketika dibacakan dongeng, orangtua dan guru harus kreatif. Ketika membaca dongeng, harus dengan suasana hati riang, menguasai cerita, ekspresif dan dalam suasana akrab.

Selain mengajak agar gemar membaca dongeng, Kak Seto juga mengajak orangtua dan guru agar mengajarkan anak bernyanyi sesuai dengan usia mereka.

Sebab, saat ini banyak anak-anak kecil yang justru menyanyikan lagu-lagu dewasa karena tidak pernah diajari menyanyikan lagu anak-anak.

"Mari kita ciptakan lagu untuk anak-anak kita," kata Kak Seto.

Pada kesempatan itu, Kak Seto juga mengajarkan bagaimana mendongeng, membuat lagu untuk anak-anak dan bermain sulap.

Sementara itu, Bupati Muhatrom dalam sambutannya mengatakan membaca sangat penting sehingga orangtua wajib mengajarkan kepada anak-anaknya.

"Membaca sangat penting dalam kehidupan kita, Allah menurunkan surat yang pertama yaitu surat Al-Iqra. Memerintahkan agar umatnya untuk membaca kehidupan, membaca dalam kehidupan luas," katanya.

Bupati mengatakan, mengajarkan anak agar gemar membaca bisa dimulai sejak dini. Misalnya dengan membacakan buku cerita bergambar.

"Indoensia punya SDA yang luar biasa, tapi SDM yang berkualitas tidak ada. Indonesia akan terus diobok-obok oleh negara-negara yang lebih maju jika memiliki SDA yang berkualitas," katanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved