Berita Sumenep Madura

Air Bah Menggenangi Rumah Penduduk, Tiba-tiba Terdengar Gemuruh dan Terjadilah Bencana Ini

TANAH LONGSOR. Sebelum bencana terjadi, hujan lebat terjadi di daerahnya. Banjir air bah hujan mengalir deras dari perbukitan menggenangi...

Air Bah Menggenangi Rumah Penduduk, Tiba-tiba Terdengar Gemuruh dan Terjadilah Bencana Ini
surya/moh rivai
Longsor setinggi 3 meter menutupi akses jalan dua desa di dua akkhirnya dibuka kembali setelah kecamatan dibersihkan atas kerjasama antara BPPD Sumenep, TNI dan Polri serta masyarakat setempat. 

SURYA.co.id | SUMENEP – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sejak Rabu (30/11/2016) hingga Kamis (1/12/2016) pagi, mengakibatkan tanah longsor di Dusun Batu Guluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Madura.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun sebuah rumah milik Sunni (45) warga setempat, separuh atapnya tertimpa longsor dan tembok gedungnya ambruk.

Tidak hanya itu saja, akses jalan desa yang menghubungkan desa setempat dengan desa lain di dua kecamatan terputus.

Laju kendaraan bermotor yang biasa melintas di jalan poros desa tersebut dialihkan dari Kecamatan Rubaru menuju Kecamatan Ambunten melawati jalur utara dari Kecamatan Dasuk.

Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPPD) Kabupaten Sumenep langsung terjun mengatasi bencara longsor.

‘’ Sejak pagi tadi, kami dari BPPD dan dibantu TNI dan Polri langsung bertindak dengan membebaskan jalur atau akses jalan yang terputus karena longsor, juga membersihkan rumah warga yang sebagian tertimpa tanah longsor,’’ ujar Febrianto, Kepala BPPD Sumenep, Kamis (1/12/2016).

Menurut Febrianto, longsor yang terjadi di Dusun Batu Guluk, berupa tebing dengan panjang sekitar 5 meter dan tinggi 4 meter.

Longsor terjadi karena hujan deras yang terjadi sejak Rabu.

Bukit yang longsor memang labil karena tidak adanya pohon-pohon besar yang akarnya mampu menjadi penyanggah bukit.

‘’ Karena tanahnya memang labil, juga bukit-bukit disini bukan bukit  berbatu serta tidak adanya pohon-pohon besar yang akarnya bisa menjadi penyanggah tebing,’’ katanya.

Halaman
12
Penulis: Moh Rivai
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved