Berita Surabaya

Lembaga Bimbingan Belajar Jalan Terus Meski Ada Moratorium UN, Alasannya. . .

LBB JALAN TERUS. Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) tetap memiliki program bimbingan ujian meskipun ada moratorium ujian nasional.

Lembaga Bimbingan Belajar Jalan Terus Meski Ada Moratorium UN, Alasannya. . .
surya/ahmad zaimul haq
Siswa SMPN I saat akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (9/5/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) tetap memiliki program bimbingan ujian meskipun ada moratorium ujian nasional.

Moratorium dinilai tidak menghapuskan Ujian Nasional (UN) dan tetap diadakan berdasarkan wewenang daerah pengelola  layaknya ujian sekolah yang sudah dikelola daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala Cabang Ganesha Operation wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Syarif Hidayat.

Meskipun ujian dilakukan oleh daerah masing-masing. Menurutnya standar yang digunakan tetap mengacu pada Badan Nasional Standar Pendidikan, sehingga tidak akan menjadi masalah dalam kajian soal yang digunakan dalam LBB.

Hanya saja, terjadi pelimpahan pengelolaan ujian, untuk SMP ke Pemkot atau Pemkab, sedangkan tingkat SMA/SMK dikelola Pemprov.

“UN moratorium tidak ada perubahan, hanya mungkin berubah nama. Nama berubah kan dari dulu dari ebtanas, unas, UN tetapi konteksnya sama saja,” ungkapnya ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Minggu (27/11/2016).

Sejak moratorium UN dibicarakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), pihaknya mulai memberikan pengertian pada orangtua. Bahwa evaluasi pendidikan akan tetap dilakukan, siapapun penyelenggaranya.

“Jangan sampai anak tanya kami jawabanya gitu, tanya ke orang tua jawabannya lain. Jadi dua minggu ini orangtua kami kumpulkan agar bisa tetap memberikan penjelasan pada anak,” terangnya.

Menurutnya, pengaruh yang lebih mengubah budaya belajar siswa adalah standar nilai ujian.

Pihaknya memberikan motivasi agar lulus dengan nilai terbaik, bukan sekadar lulus dengan nilai seadanya.

Karena nilai evaluasi atau apapun nama ujiannya akan tetap dilaksanakan

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved