Berita Tuban

Pencarian 12 ABK Diperluas Hingga ke Perairan Semarang

"Kami lakukan penyisiran di delapan titik, kami tidak sebutkan satu per satu," katanya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Pencarian 12 ABK Diperluas Hingga ke Perairan Semarang
surya/ist
Basarnas saat mencari nelayan korban tabrakan kapal di Perairan Tuban, Minggu (20/11/2016). 

SURYA.co.id | TUBAN - Tim Search and Rescue (SAR) memperluas pencarian 12 ABK KM Mulya Jati hingga ke perairan Semarang.

Sebelumnya, pencarian dilakukan di sekitar titik tenggelamnya kapal nelayan tersebut berjarak 17,4 mil dari bibir pantai Tuban.

"Pelebaran pencarian antara 6-8 mil dari titik semula, sekarang sudah sampai semarang," kata Gusti Anwar Mulyadi, Kasi Operasi Basarnas
Surbaya di Posko Pelabuhan TPPI Tuban, Selasa (22/11/2016).

Gusti menambahkan, pelebaran pencarian disebabkan kondisi cuaca hari ini kurang mendukung. Sekitar pukul 12 lewat, gelombang air laut cukup
tinggi sampai 2 meter.

Sementara itu, kata Gusti, kapal KM Mulya Jati sudah hanyut atau tenggelam. Hal itu membuat Tim SAR tidak bisa menyelam mencari ABK.

"Kami lakukan penyisiran di delapan titik, kami tidak sebutkan satu per satu," katanya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Pencarian pada hari keempat ini, ada 44 personel gabungan dari kapal Basarnas KN 225 (18 personel), KPLP (18 personel), TNI AL (4 personel), dan Polisi Air (4 personel).

Staf Bagian Operasi Lantamal V, Mayor Warsana mengatakan, ada temuan peralatan dari sekitar tenggelamnya KM Mulya Jati.

Peralatan itu berupa, lampu, terpal, tali, dan jaring. Peralatan tersebut diserahkan oleh nahkhoda kapal Crew Boat Shurver milik ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

"Jam 10 tadi peralatan itu saya ambil di kantor EMCL di Palang tuban," kata Warsana di Posko TPPI sembari menyebut peralatan itu ditemukan kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Sabtu (19/11/2016).

Sementara itu, Tim SAR meminta bantuan kepada semua pemilik kapal yang berlayar di sekitar perairan Tuban agar memberitahukan apabila menemukan peralatan serupa atau jenazah ABK.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved