Berita Kampus Surabaya

Robot ITS Ikuti Lomba di Lampung dan Beijing, Yuk Intip Persiapannya !

Ketiga robot tersebut masing-masing diberi nama Bajoel Mabur, Suro Miber, dan Jatayu Jet 10.

Robot ITS Ikuti Lomba di Lampung dan Beijing, Yuk Intip Persiapannya !
surya/ahmad zaimul haq
LOMBA ROBOT - Rektor ITS, Joni Hermana (kanan) melihat persiapan saat melepas tim robot yang akan mengikuti ajang lomba robot di Gedung Pusat Robotika, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya, Senin (21/11/2016). 

SURYA. co.id | SURABAYA - Upaya menghadapi era globalisasi dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan mengirimkan mahasiswanya untuk turut dalam berbagai ajang kompetisi.

Seperti mengirimkan dua robotnya dalam dua ajang di Beijing, China dan tingkat nasional di Lampung.

Lomba di Lampung menerjunkan tiga robot terbang dengan tiga kategori lomba, yakni robot terbang memutar (rotary) dengan memperhatikan pada kecepatan naik turun robot pada daerah yang sudah ditentukan, robot terbang untuk pemetaan (maping) dengan penilaian hasil pemetaan dan pembuatan peta lokasi, dan robot terbang pemadam titik api.

Ketiga robot tersebut masing-masing diberi nama Bajoel Mabur, Suro Miber, dan Jatayu Jet 10.  Lomba berlangsung pada 23 – 26 November 2016.

“Kami akan terus memperbaiki apa yang belum kami raih pada lomba tahun sebelumnya. Tahun lalu, untuk kategori robot terbang memutar kami memperoleh juara satu , sedang pada kategori robot terbang untuk pemetaan kami berhasil meraih juara tiga,” jelas Rudy Daikarono, dosen pembimbing robot terbang yang akan bertanding di Lampung saat acara pelepasan di gedung robotika ITS, Senin (21/11/2016).

Karena itu, lanjut Rudy, tahun ini timnya fokus untuk bisa meraih juga juara dalam kategori robot terbang pemadam titik api.

Rudy optimistis bisa meraih kembali apa yang pernah diraihnya pada lomba serupa tahun lalu, karena dari uji coba selama ini, kinerja robot yang akan diikutkan dalam lomba itu sudah cukup baik.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti saat lomba berlangsung,” ucapnya.

Sedang Muhtadin, dosen pembimbing tim robot soccer Ichiro yang akan bertanding di ajang Fira Hurocup 2016 di Bejing, China mengatakan, ada tiga tim yang akan berangkat ke Beijing.

Mereka akan mengikuti enam kategori lomba, yakni lomba lari cepat (sprint), marathon, halang-rintang, angkat berat, sepak bola dan tendangan penalti pada 14 – 18 Desember 2016.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved