Reportase dari Thailand

Wadouuuh Pemuda Thailand pun Dilotre untuk Mengikuti Wajib Militer

wajib militer di Thailand diberlakukan bagi para pemuda yang sudah berusia 21 tahun.. mereka diambil dari setiap kecamatan dengan cara dilotre..

english/pixabay
ilustrasi 

Reportase : Thursina Rizki Suryawardhani
Mahasiswa Universitas Negeri Malang/peserta KPL di Walailak University Thailand

DI beberapa negara, wajib militer (wamil) diberlakukan bagi para pemuda usia dewasa. Termasuk di Thailand, usia 21 tahun merupakan penentuan untuk mengikuti wamil atau bebas wamil. Uniknya, undian digunakan untuk memilih pemuda yang harus mengikuti wamil.

Setiap tahun, di setiap amphoe atau setingkat kecamatan, akan diberikan sejumlah kuota wamil yang harus dipenuhi. Misalnya, apabila pada satu amphoe diminta empat orang pemuda, maka setiap pemuda yang ada harus dilotre.

Apabila ada yang dengan sukarela memenuhi empat kuota tersebut, maka pemuda yang lain akan dibebaskan dari undian.

Proses undian dilakukan sekali seumur hidup. Mereka yang mengikuti undian merupakan pemuda berusia 21 tahun ke atas. Sebelum mengikuti undian, mereka harus melalui tes fisik terlebih dahulu.

Mereka yang lolos tes fisik akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu memilih kartu undian. Apabila mereka mendapatkan kartu warna merah berarti akan langsung mengikuti wamil. Sebaliknya yang mendapatkan kartu warna hitam akan dibebaskan mengikuti wamil selamanya.

Selain itu, terdapat perbedaan waktu pelatihan pada jenjang pendidikan pemuda. Apabila mereka merupakan lulusan Strata 1 (S1), mereka diwajibkan mengikuti pelatihan wamil selama satu tahun, apabila di bawah S1, mereka diwajibkan mengikuti pelatihan selama dua tahun.

Hal itu akan berbeda dengan pemuda yang sukarela mengikuti wamil, mereka hanya diwajibkan mengikuti pelatihan selama enam bulan dan dibebaskan memilih penempatan tugas wamil mereka.

Unik bukan proses pendaftaran wajib militer di Thailand?

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved