Berita Tuban

Ini Cara KPP Pratama Tuban Gaet Pelaku UMKM Agar Ikut Pengampunan Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban akan meluncurkan layanan on the spot pada saat Pameran Pembangunan dan Perdagangan di GOR Rangga Jaya...

Ini Cara KPP Pratama Tuban Gaet Pelaku UMKM Agar Ikut Pengampunan Pajak
sugiharto
Direktur Manajemen Risiko Kepatuhan dan Pengembangan SDM Bank Bukopin Irlan Suud saat sosialisasi Tax Amnesty di Hotel JW Mariott Surabaya, Kamis (29/7/2016). 

SURYA.co.id|TUBAN - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban akan meluncurkan layanan on the spot pada saat Pameran Pembangunan dan Perdagangan di GOR Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban, tanggal 15 - 19 Nopember 2016.

"Stand KPP Pratama Tuban terletak di indoor area pameran dan akan diselenggarakan berbagai kegiatan berhadiah yang sangat menarik", ujar Muhammad Zuhri, koordinator petugas stand pameran KPP Pratama Tuban.

Kegiatan yang dimaksud adalah Lomba Mewarnai untuk anak-anak usia maksimal 11 Tahun, permainan Ular Tangga Amnesti Pajak dan Undian Berhadiah bagi para UMKM serta pendaftaran NPWP bagi UMKM yang belum ber-NPWP.

"Sekedar bocoran nih, jangan lupa bawa kartu NPWP bagi yang sudah punya ketika berkunjung ke Pameran di GOR ya, ada banyak hadiah serta dapat diikutkan undian", ujar Fajar Ari Prabowo yang akan bertugas sebagai master of ceremony sepanjang pameran berlangsung.

Layanan on the spot ini diharapkan dapat mendorong para UMKM untuk segera memanfaatkan Amnesti Pajak dengan cara mudah dan tidak menyita waktu mereka.

Pada periode kedua Amnesti Pajak (Oktober - Desember) ini, Direktorat Jenderal Pajak fokus kepada para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) karena dari sekitar 40 juta UMKM baru sekitar 100 ribu yang mengikuti Amnesti Pajak.

KPP Pratama Tuban menyambut kebijakan tersebut dengan membuat layanan ditempat atau biasa disebut on the spot bagi para UMKM yang membutuhkan penjelasan mengenai Amnesti Pajak.

Kepala KPP Pratama Tuban, Eko Radnadi Susetio, mengatakan, layanan ini bersifat tuntas, artinya petugas yang memenuhi undangan UMKM untuk memberi penjelasan Amnesti Pajak juga siap menerima isian surat pernyataan harta (SPH) sebagai kelengkapan mengikuti Amnesti Pajak.

"Petugas kami akan meluncur ke lokasi UMKM yang membutuhkan layanan on the spot ini lengkap dengan SPH untuk ikut Amnesti Pajak, diisi dengan tulisan tangan saja gak perlu diketik", ujar pria yang baru satu tahun ini memimpin jajaran KPP Pratama Tuban.

"Kami paham bahwa para usahawan pasti sibuk mengurus usahanya, untuk itulah kami sediakan layanan on the spot ini dan yang perlu saya tegaskan bahwa layanan ini gratis,  tidak ada biaya apapun, jadi monggo dimanfaatkan sebaik baiknya", ujar Eko.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Binanto Suryono menambahkan, untuk UMKM yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) juga akan dilayani pendaftaran NPWP nya di lokasi UMKM.

"Jika ada UMKM yang sibuk sehingga tidak sempat datang ke kantor kami, maka petugas kamilah yang akan datang ke UMKM tersebut, selain untuk hal hal terkait Amnesti Pajak juga untuk mendaftarkan NPWP" ujar pria yang sedang mempersiapkan keikutsertaan KPP Pratama Tuban dalam Pameran Pembangunan dan Perdagangan tersebut.

Syarat untuk mendaftarkan NPWP bagi UMKM mudah, hanya berupa KTP dan surat keterangan usaha dari perangkat kelurahan atau kecamatan.

"Gak ribet kok, kami berikan layanan yang mudah dan cepat di lokasi UMKM berada" tegas Ahmad Rifa'i, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Tuban.

Bagaimana para UMKM ini bisa mendapatkan layanan on the spot ini? Dijawab oleh Tenisanta Rizki Masruri, operator SMS/WA centre KPP Pratama Tuban, "Cukup mengirimkan SMS/WA ke nomor 08113300648, kami akan merespon secepatnya dan setelah jelas lokasi serta waktu yang diinginkan oleh UMKM akan dikirim petugas untuk memberikan layanan".

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved