Berita Madiun

Pengepul Besi Rongsokan Temukan Mortir, Sempat Dijual di Surabaya

"Pihak pabrik tidak berani karena bentuknya mortir. Akhirnya dikembalikan," katanya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Senin (14/11/2016)

Pengepul Besi Rongsokan Temukan Mortir, Sempat Dijual di Surabaya
surya/rahadian bagus
Petugas sedang memeriksa mortir 

SURYA.co.id | MADIUN - Seorang pengepul besi rongsokan di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo melapor ke anggota Babinsa Koramil 0803/12 Dolopo karena menemukan benda sejenis granat mortir berwarna biru.

Danramil 0803/12 Dolopo, Kapten Wardoyo saat dihubungi membenarkan laporan tersebut.

Menurut keterangan pemilik rongsokan, mortir itu dikembalikan setelah sempat akan dijual ke pabrik pengolahan besi rongsokan.

"Pihak pabrik tidak berani karena bentuknya mortir. Akhirnya dikembalikan," katanya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Senin (14/11/2016).

Menurut Wardoyo, awalnya pengepul barang rongsokan bernama Septian Heri mengaku mendapatkan mortir ini sekitar dua tahun yang lalu dari pencari barang bekas.

Sebelumnya, benda berukuran panjang sekitar 55 cm sudah dia kemas bersama besi rongsokan yang lainnya dan dikirim ke pabrik pengolahan besi bekas di Surabaya.

Namun, sekitar seminggu yang lalu mortir itu dikembalikan kepadanya lagi, dengan alasan pabrik tidak berani mengolah mortir yang memiliki berat sekitar 10 kg itu.

Menyadari benda tersebut berbahaya Septian kemudian melaporkan dan menyerahkan benda tersebut ke Babinsa Glonggong Serda Sumali. Ia khawatir mortur itu akan meledak sewaktu-waktu.

Saat ini, kata Wardoyo, benda tersebut sudah diamankan di Koramil Dolopo sambil menunggu proses selanjutnya.

Dari hasil pengamatan sementara, diduga mortir itu milik TNI Angakatan Udara.

"Memang betul itu mortir, kalau dari catnya itu mungkin mortir milik angkatan udara. Kalau aktif atau enggaknya saya tidak tahu," imbuhnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved