Berita Bojonegoro

Inilah Cara Pemkab Bojonegoro Motivasi Petani Belimbing

“Belimbing yang bagus berbentuk sempurna atau lingirnya tidak berkelok, namun lurus, bercita rasa segar, manis, serta warna cerah,” ujar Hari Sulistiy

surya/Iksan Fauzi
Inilah suasana kontes belimbing di Bojonegoro 

 SURYA.co.id | BOJONEGORO - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi para petani belimbing supaya lebih giat.

Lihat saja cara yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jatim agar para petani belimbing tetap mendapatkan penghasilan.

Di Desa Ngringinrejo dan Mojo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro terdapat sekitar 20 hektare lahan yang ditanami pohon belimbing. Lahan itu digarap oleh 104 petani belimbing.

Lokasi lahan belimbing itu sekitar 15 kilometer dari pusat pemerintahan Bojonegoro. Pengunjung akan melihat puluhan pedagang menjajakan belimbing di lapak-lapak di sepanjang jalan saat memasuki jalan desa.

Minggu (13/11/16) siang, Pemkab Bojonegoro menggelar kontes dan festival belimbing. Dua kegiatan tersebut untuk memotivasi para petani belimbing agar menghasilkan buah yang diminati masyarakat.

Adapun kontes belimbing akan memilih belimbing yang memiliki ukuran belimbing besar, cita rasa buah, warna, bentuk, serta penampilan buah. Kontes belimbing ini diikuti oleh 12 peserta.

“Belimbing yang bagus berbentuk sempurna atau lingirnya tidak berkelok, namun lurus, bercita rasa segar, manis, serta warna cerah,” ujar Hari Sulistiyadi, Dewan Juri Kontes Belimbing kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Hari mengungkapkan, tujuan lomba ini untuk mendorong petani memiliki kemampuan merawat kebunnya agar lebih baik sehingga produksi belimbing meningkat.

Dalam kontes belimbing ini dipilih tiga pemenang yang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan trophy kejuaraan.

Juara I diraih Juwanto. Dia mendapatkan uang tunai Rp 300.000 dan trophy. Juara II diraih Parlan dan juara III diraih Priyo, mereka masing masing mendapat uang Rp 200.000 dan Rp 100.000 beserta trophy.

Tak hanya kontes dan festival belimbing, panitia juga menggelar lomba kebersihan kebun.

Kata Hari, sejak lima tahun ini, belimbing Bojonegoro menunjukkan trend positif. Hal itu terlihat dari meningkatnya kunjungan ke kebun belimbing serta banyaknya permintaan dari luar Bojonegoro.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved