Berita Kampus Surabaya

Rencana Buka Prodi Baru, Untag Tunggu Moratorium Dicabut

“Prodi dibuka juga karena ada peminatnya, kalau S2 Ilmu Komunikasi juga masih terbatas. Kami juga menutup prodi yang semi peminat,” ungkapnya kepada S

Rencana Buka Prodi Baru, Untag Tunggu Moratorium Dicabut
surya/pipit maulidiya
Gus Ipul didampingi Rektor Untag, Ida Ayu Brahmasari, ketua yayasan Untag dan sejumlah dosen saat memberikan pesan kepada mahasiswa baru 2016 Untag, Minggu (21/8/2016) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya perguruan tingggi (PT) untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dilakukan dengan mendirikan program studi (prodi) baru.

Sayangnya, pemerintah mengeluarkan surat edaran nomor 2/M/SE/IX/2016 tentang Pendirian PT Baru dan Pembukaan Prodi pada 21 September 2016.

Sehingga sejumlah PT harus bersabar untuk menunda pengajuan pendirian prodi baru. Khususnya di bisang sosial, karena berdasarkan SE tersebut hanya mengijinkan pembukaan prodi di bidang saintek atau eksakta.

Seperti Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang harus menunda pengajuan prodi baru yang mereka rencanakan.

Wakil Rektor 1 Untag, Andik Matulessy menjelaskan, pihaknya berencana membuak prodi baru untuk S1 Bahasa Korea dan S2 Ilmu Komunikasi dan S2 Informatika.

Hal ini lantaran pihaknya sudah mulai mengembangkan kerjasama di berbagai universitas di Korea, bahkan sejumlah dosennya juga sudah memiliki dasar ilmu bahasa korea.

“Harus nunggu moratoriumnya di cabut, karena seperti itu (moratorium) biasanya menunggu keadaan pendidikan menjadi stabil. Kalau saat ini memang mungkin jumlahnya sednag berlebihan,” jelasnya ketika ditemui SURYA.co.id, Senin (31/10/2016).

Selain itu, pihaknya juga sedang menyiapkan prodi S1 Ilmu Komunikasi agar bisa memiliki akreditasi A sebagai syarat membuka program magister.

Sebab, saat ini untuk prodi S1 Ilmu Komunikasi masih berakreditasi B.

Selain itu kesiapan untuk pengajar di prodi bahasa korea juga sedang ditambah.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved