Berita Ekonomi Bisnis

Maksimalkan Mobil Kas Keliling, Cara BSB dan OCBC NISP Untuk Genjot Keuangan Inklusi

Mobil SiAga BSB menyediakan pelayanan penarikan dan penyetoran, juga termasuk transaksi melalui ATM," ungkap Evi kepada Surya (TRIBUNnews.com Network)

Maksimalkan Mobil Kas Keliling, Cara BSB dan OCBC NISP Untuk Genjot Keuangan Inklusi
antara
Seorang petugas memandu cara penggunaan mesin ATM Samsat di Grand City Surabaya, Selasa (8/7/2014). 

 SURYA.co.id | SURABAYA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah masyarakat di Indonesia yang sudah menyimpan uangnya di bank baru mencapai 34,8 persen.

Jumlah itu masih jauh lebih rendah dibandingkan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara yang sudah mendekati angka 50 persen.

Perbankan pun menanggapi dengan berbagai strategi. Bank Syariah Bukopin (BSB) Cabang Surabaya memilih mengoperasikan mobil kas keliling berlabel "Mobil SiAga BSB" yang dilengkapi dengan mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Evi Yulia K, Head of Corporate Secretary BSB, mengatakan, dengan memanfaatkan layanan mobil keliling, pihaknya datang ke sekolah maupun kampus dimana sudah direncanakan jadwalnya.

"Didatangi layanan mobil keliling tersebut. Mobil SiAga BSB menyediakan pelayanan penarikan dan penyetoran, juga termasuk transaksi melalui ATM," ungkap Evi kepada Surya (TRIBUNnews.com Network), Senin (31/10/2016).

Selain memberikan layanan langsung atau sosialisasi menabung ke sekolah, BSB menjaring nasabah ritel untuk menjemput nasabah, seperti di pasar tradisional, pabrik, pelabuhan, dan kerjasama dengan lembaga selain pendidikan.

Saat ini, BSB telah menambah empat mobil kas keliling yang masing berada di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya pada tahun ini. Dan sudah beroperasional setiap hari.

Pemimpin Cabang BSB Cabang Surabaya Trisna Surjatri, menambahkan guna menarik siswa menabung, pihaknya menawarkan Tabungan SimPel iB (Simpanan Pelajar iB).

"Tabungan SimPel iB ini merupakan tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara bersama oleh seluruh Bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak usia dini," jelas Trisna kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Sementara itu, Bank OCBC NISP memilih program board games - smart future untuk mengajak masyarakat belajar mengelola keuangannya.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved