Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Kiai ‘Jihad' di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

“Ternyata meskipun sebuah Institusi Katolik, pengajarnya banyak juga banyak yang Muslim, namun tidak ada pembedaan sama sekali. Tidak ada pemaksaan at

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Yoni
surya/Sulvi Sofiana
KH Muhammad Zakki MSi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjadi pengasuh di Pondok pesantren Mukmin Mandiri, tak membuat KH Muhammad Zakki MSi membatasi diri dalam hal keilmuan.

Sehingga ia berhasil menuntaskan pendidikan Doktornya di program Ilmu Manajemen Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Menurutnya pendidikan di universitas katolik lebih diprioritaskan demi menjalankan tugasnya sebagai seorang Kyai pengelola pondok pesantren yang juga harus selalu berperan sebagai pemersatu.

Apalagi di Pascasarjana UKWMS, Zakki melihat bahwa ada banyak hal yang diluar dugaan.

“Ternyata meskipun sebuah Institusi Katolik, pengajarnya banyak juga banyak yang Muslim, namun tidak ada pembedaan sama sekali. Tidak ada pemaksaan ataupun pengajaran yang bertentangan dengan keyakinan yang dipegang. Itulah yang justru sangat diperlukan untuk menjaga kebhinekaan,” jelasnya.

Iapun mengusung kata Jihad dalam makna berjuang pada disertasinya. Dengan judul Pengaruh Kepemimpinan Strategik, kepemimpinan Spiritual dan Kepemimpinan Kewirausahaan Kiai Terhadap Kepuasan Kerja Santri dan Jihad (Kinerja) Santripreneur di Pesantren Enterpreuner Jatim, ia mengikuti sidang terbuka di kampus UKWMS Pakuwon, Sabtu (29/10/2016).

“Kiai itu sekarang pemikirannya sudah berkembang, sama halnya dengan fenomena bermunculan pesantren yang memfokuskan diri pada usaha entrepreneur,”jelas kiai di pesantren agrobisnis dan agroindustri di Waru, Sidoarjo itu.

Produk unggulannya adalah kopi dalam bentuk sangraian, bubuk maupun kemasan sachet.

Pesantren dengan usaha kewirausahaan yang ia terapkan tersebut memberdayakan ekonomi santri guna menjawab tuntutan dan kebutuhan zaman.

Menurut data tahun 2015 di Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Jatim), jumlah keseluruhan pesantren di Jatim kurang lebih sebanyak 2.000. 40 di antaranya berorientasi kewirausahaan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved