Breaking News:

Berita Jombang

Tanaman Semangka Direndam Banjir, Uang Jutaan Rupiah Menguap

“Kini hampir semua tanaman mati, buah membusuk karena diguyur hujan deras beberapa hari. Yang belum berbuah, akarnya tidak bisa tumbuh lagi, busuk dan

surya/sutono
Buah semangka di Desa Sidomulyo, Kecamatan Megaluh, Jombang, membusuk setelah terendam air selama beberapa hari. 

SURYA.co.id I JOMBANG - Hujan deras beberapa hari merendam areal tanaman semangka di Kecamatan Megaluh, Jombang. Akibatnya, tanaman mati dan buahnya membusuk.

Padahal tanaman semangka tersebut telah berumur sekitar dua bulan dan tak lama lagi bakal panen. Akibatnya, para petani dipastikan merugi.

Kaspo (51) petani Desa Sidomulyo, mengaku, tamanan semangkanya kini tidak bisa diselamatkan lagi karena batang, akar serta buahnya membusuk usai terendam air beberapa hari.

Dia mengeluh karena jutaan rupiah yang digunakan untuk biaya garap sudah hampir pasti menguap. Harapan menikmati hasil panen pun raib.

Kaspo mengungkapkan, untuk sekali tanam, dia dan para petani lainya menghabiskan biaya produksi, total sekitar Rp 14,5 juta per hektare. Itu meliputi pembelian bibit, pupuk, tenaga kerja, serta sewa lahan.

“Kini hampir semua tanaman mati, buah membusuk karena diguyur hujan deras beberapa hari. Yang belum berbuah, akarnya tidak bisa tumbuh lagi, busuk dan tidak bisa berbuah," keluh Kaspo, Minggu (16/10/2016).

Karena tanaman sudah tidak bisa diselamatkan lagi, Kaspo dan petani lain bakal mencabuti tanaman semangka mereka dan menggantinya dengan tanaman padi.

Para petani berharap, ada bantuan dari pemerintah bagi para petani buah semangka yang gagal panen dampak dari cuaca tak menentu agar mereka bisa menanami lahan mereka kembali.

Selain semangka, tanaman hortikultura lain juga mengalami nasib serupa. Di antaranya garbis, mentimun emas dan melon.

Para petani Kecamatan Megaluh setiap musim kemarau menaman buah jenis ini karena dinilai cocok, karena tak butuh banyak air.

Penulis: Sutono
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved