Berita Surabaya

Kopertis akan Berubah jadi Nama L2 Dikti, Rektor Unair: Yang Pasti Layanan semakin Lama

“Kopnya saja bisa tumpuk banyak itu, ini yang kasat mata. Tetapi yang pasti layanan jadi sangat lama," ujar Moh Nasih.

surya/nuraini faiq
Rektor Unair Moh Nasih 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perubahan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) disikapi kalangan perguruan tinggi negeri (PTN).

Pelayanan PTN tak bisa lagi langsung ke Kemenristek Dikti, melainkan harus melalui L2 Dikti.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Moh Nasih menjelaskan, pihaknya dan PTN lain selalu ingin menyesuaikan birokrasi dna regulasi. Tetapi kalau ada regulasi dan birokrasi yang menambah susunan, menurutnya tidak efisien.

“Kopnya saja bisa tumpuk banyak itu, ini yang kasat mata. Tetapi yang pasti layanan jadi sangat lama. Padahal inginnya perguruan tinggi lebih otonom, mengurus urusan sendiri,” jelasnya pada SURYA.co.id, Rabu (12/10/2016).

Ia memisalkan dalam perizinan dan akreditasi prodibyang harus melalui L2 Dikti, maka bisa jadi prosesnya akan bertambah lama.

Pihaknya juga menyadari dorongan dari PTS yang ingin mendapat pengakuan dan perhatian yang sama dengan adanya L2 Dikti.

“Tetapi mau bagaimana lagi, awalnya saja beda. Tidak bisa disamakan PTN dan PTS, yang pasti sama-sama mengabdi pada negara. Kami inginnya tidak ada otonom yang berlebihan, percaya saja, kami pasti akan mengelola perguruan tinggi kami dengan maksimal, tidak akan koripsi,”paparnya.

Ketua Paguyuban Rektor PTN se-Jatim Mohammad Hasan mengungkapkan saat ini Kementerian memang dalam proses untuk menyiapkan implementasi L2 Dikti karena antara PTN dan PTS harus ada pemilahan bagian yang diurus.

“Biasanya PTN sudah statis, tidak pernah koordinasi dengan Kopertis. Makanya perlu ada pemilahan untuk adanya urusan PTN yang harus lewat L2 Dikti ini. Pastinya akan memperlambat proses regulasi yang ada,”jelasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved