Berita Banyuwangi

Dibangun Tol Probolinggo-Banyuwangi, Jarak Tempuh Surabaya-Banyuwangi Hanya 4 Jam

Pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan antara Kabupaten Banyuwangi hingga Kabupaten Pacitan akan dilanjutkan.

surya/haorrahman
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerja ke Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan antara Kabupaten Banyuwangi hingga Kabupaten Pacitan akan dilanjutkan. Untuk sisi Banyuwangi menuju Jember, pembangunan dimulai kembali pada 2017.

"2017 kami pastikan pembangunan mulai jalan lagi. Dari total 106 kilometer yang ada di Banyuwangi, yang belum tembus ada 24 kilometer," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerja ke Banyuwangi.

JLS di Jawa Timur melintas sejumlah daerah dari Banyuwangi hingga Pacitan sepanjang lebih dari 670 kilometer.

Di Banyuwangi, JLS terbentang sepanjang lebih dari 106,1 kilometer melintasi Perkebunan Malangsari Kalibaru, Kendeng Lembu Glenmore, Genteng, Rogojampi, Srono, Singojuruh, Kabat, Banyuwangi, Giri, dan Kalipuro.
JLS sisi Banyuwangi masih ada sekitar 24 kilometer yang belum terhubungkan.

”Rinciannya, 17 kilometer sudah dibebaskan namun belum dibangun. Sisanya 7,5 kilometer belum dibebaskan. Ini juga segera dituntaskan karena kami ada program pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB)," kata dia.

Basuki menuturkan, selain lahan sepanjang 7,5 km yang belum dibebaskan, di wilayah Banyuwangi juga terdapat ruas jalan yang lebarnya belum memenuhi standar jalan nasional. Contohnya di ruas jalan antara Rogojampi dan Genteng sepajang 3,5 kilomter.

”Jalan tersebut akan dilebarkan pada 2017 . Lahannya sudah siap. Pemkab telah membebaskan lahan selebar 23 meter. Jalan lingkar Rogojampi tembus Kabat sepanjang 3,5 km juga akan kita bangun di tahun 2017 ini juga," kata Basuki.

Dengan dikebutnya pembangunan JLS di Banyuwangi ini, pihaknya berharap seluruh ruas JLS akan terhubung pada 2019. "Jawa Barat sudah tembus semua, Jawa Tengah dan Yogyakarta tinggal sedikit. Untuk Jawa Timur target saya 2018 sudah selesai semua," kata dia.

Selain JLS, Kementrian PU PR segera membangun jalan tol Probolinggo - Banyuwangi yang panjangnya mencapai 170 kilometer.

”Ini sedang proses tender. Tahun depan pekerjaan fisik bisa segera dimulai. Mungkin butuh dua sampai tiga tahun pengerjaannya," kata Basuki.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved