Berita Magetan

Satu Keluarga Tertimbun Longsoran Tebing di Magetan saat Kendarai Sepeda Motor

Ketiganya tertimbun longsor saat mengendarai sepeda motor dan melintas di bawah tebing Kecamatan Poncol.

Satu Keluarga Tertimbun Longsoran Tebing di Magetan saat Kendarai Sepeda Motor
surya/didik mashudi
Ilustustrasi, jalan tertutup tanah longsor. 

SURYA.co.id | MAGETAN – Hujan lebat yang turun sejak Minggu (9/10/2016) sore hingga tengah malam, mengakibatkan dua kecamatan di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan diterjang banjir bandang dan tanah longsor.

Bahkan, tanah longsor di jalur jalan penghubung Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, sempat ‘mengubur’ satu keluarga, yaitu Sulistyo (35), istrinya Ida Wahyu (30) dan anaknya yang masih berusia di bawah lima tahun (balita).

Ketiganya tertimbun longsor saat mengendarai sepeda motor dan melintas di bawah tebing Kecamatan Poncol.

Personil gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Koramil dan Polsek Poncol berhasil menemukan mereka di bawah tanah berbatuan sedalam 25 meter.

Beruntung, ketiganya hanya menderita luka luka di sekujur tubuh dan kepalanya, dan kini dirawat di RSUD dr Sayidiman, Kabupaten Magetan.

Empat rumah diterjang banjir bandang lumpur dan tiga orang, satu keluaga, terkubur tanah sedalam 25 meter di jalur jalan penghubung Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Senin (10/10) dini hari.

Hujan lebat yang turun sejak sore hingga tengah malam, mengakibatkan dua wilayah kecamatan di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan diterjang banjir bandang dan tanah longsor.

Ketiga korban yang tertimbun lumpur bercampur bebatuan sedalam 25 meter, karena tebing longsor dijalur penghubung Dusun Wonomulyo dan Dusun/Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, yaitu Sulistyo (35), istrinya Ida Wahyu (30) dan anaknya masih bawah lima tahun (balita).

Sementara banjir bandang yang menerjang wilayah Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dan Dusun Dagung, Desa Gonggang, Kecamatan, menimpa empat rumah milik Siwarno (55) dan Sulan (55), Mualim dan Mahmud.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Ferry Yoga Saputra, mengatakan, tim relawan yang terdiri dari masyarakat desa setempat dibantu personil BPBD, Koramil dan Polsek baru akan membuka jalan yang tertutup longsoran, Senin (10/10/2016) pagi.

"Selain membuka jalan, tim juga akan mencari sepeda motor yang ditumpangi satu keluarga yang tertimbun tanah berbatu dij alur penghubung Dusun Wonomulyo, Genilangit dan Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan," kata Ferry Yoga Saputra kepada Surya, Senin (10/10/2016).

Lokasi longsor, tambah Ferry, selain berada di tebing curam, dikhawatirkan terjadi longsor susulan, sehingga warga masyarakat desa setempat dan tim relawan sepakat membuka jalur jalan penghubung, Senin (10/10/2016) pagi.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved