Berita Tuban

Ribuan Warga Pesisir Tuban Gelar Tradisi Larung Sesaji, Ini Alasannya

“Perjalanan menuju ke tengah pulang pergi sekitar satu setengah jam,” ujar Supiyono, nelayan yang sudah berusia 60 tahun kepada Surya (TRIBUNnews.com

Ribuan Warga Pesisir Tuban Gelar Tradisi Larung Sesaji, Ini Alasannya
surya/Iksan Fauzi
Miniatur perahu berisi sesaji di larung nelayan Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Tradisi Larung Sesaji di kalangan warga pesisir Karangsari Timur Kabupaten Tuban sempat menghilang beberapa tahun lalu.

Tradisi yang diyakini sebagai upaya mensyukuri kekayaan alam berupa keragaman binatang laut itu kini digalakkan lagi.

Sesaji berupa ayam panggang, telur, ikan panggang, dan buah-buahan diletakkan di sebuah perahu miniatur dari streofoam.

Warga menggarak sesaji tersebut dengan cara digotong dari kantor Kelurahan Karang Sari menuju Tempat pelelangan Ikan  (TPI).

Di TPI itu, ada tampilan tim barongsai dari Klentheng Kwan Sing Bio. Suasana makin semarak. Warga pesisir yang melihatnya berebut memberikan angpao.

Tak sedikit yang menaiki kursi agar pemain barongsai mengambilnya dengan cara melompat.

Usai barongsai tampil. Doa berbahasa arab dan jawa pun dibacakan. Berharap berkah dari ilahi agar kelestarian alam tetap terjaga dan nelayan bisa mencari ikan di laut untuk menghidupi keluarganya.

“Tradisi ini sangat baik untuk mempererat antar nelayan, apabila rukun bisa mendatangkan rezeki yang barokah,” papar Herry Subagyo di sela menghadiri Larung Sesaji yang digelar oleh paguyuban nelayan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Timur Karangsari, Rabu (28/9/2016).

Suasana semakin riuh saat empat pemuda menggotong perahu berisi sesaji menuju perahu di tepi pantai.
Warga yang terdiri dari istri dan anak nelayan pun ikut mengaraknya ke tengah laut. Jarak lokasi larung berada sekitar 7 kilometer dari tepi pantai Tuban.

“Perjalanan menuju ke tengah pulang pergi sekitar satu setengah jam,” ujar Supiyono, nelayan yang sudah berusia 60 tahun kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Halaman
12
Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved