Berita Ekonomi Bisnis

Penjualan Mobil BMW di Jatim Meningkat Tajam, Ini Penyebabnya

"Dari fakta tersebut, konsumen untuk segmen premium di Surabaya ini memang lebih unik dibandingkan wilayah lain," bebernya kepada Surya (TRIBUNnews.co

Penjualan Mobil BMW di Jatim Meningkat Tajam, Ini Penyebabnya
surya/mujib anwar
CEO PT Astra International BMW, Fredy Handjaja (kiri) didampingi Branch Manajer PT Astra International BMW Surabaya Yopy Antonio Suko, ketika mengenalkan All New BMW X1, Rabu (11/5/2016) di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Konsumen kelas premium di Jatim mulai melirik mobil produksi Eropa.

Ini terlihat dengan meningkatnya penjualan BMW, mobil asal Jerman, sepanjang tahun ini.

Branch Manager Astra BMW Surabaya, Yopi Antonio mengatakan, tahun 2016 pihaknya mentargetkan penjualan BMW untuk berbagai varian sebanyak 240 unit.

Nah, dalam waktu delapan bulan, mulai Januari - Agustus, sudah berhasil terjual sekitar 216 unit, atau terealisasi sebesar 90 persen.

"Realisasi tersebut melebihi ekspetasi kami, selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk)," ujarnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network)..

Padahal, tahun 2015 lalu, penjualan sempat lesu. Dari target penjualan 18 unit perbulan, hanya mampu terealisasi 80 persen saja dari total target.

Menurut Yopi, dari total penjualan BMW di Jatim tahun ini, sebesar 70 hingga 80 persen ditopang oleh entry level. Seperti, Seri 3, X-1 dan Seri 2. Sedangkan sisanya diisi oleh varian Seri 5, X-3, X-5, X-6, maupun Seri 7.

Rata-rata konsumen adalah mereka yang sudah paham teknologi. Sehingga kalau keluar varian baru yang mengusung teknologi baru, maka mendorong minat mereka untuk membelinya.

"Dari fakta tersebut, konsumen untuk segmen premium di Surabaya ini memang lebih unik dibandingkan wilayah lain," bebernya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Selain itu, cukup tingginya permintaan, juga terdorong oleh munculnya beberapa tipe baru yang dikeluarkan BMW. Seperti Seri 7, yang merupakan seri tertinggi yang dipasarkan di Jatim.

Pihaknya, kata Yopi optimis, realisasi pejualan tahun ini akan melebihi target yang ditetapkan diawal tahun.

Pasalnya, tingginya animo masyarakat terhadap gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Jakarta bulan Agustus lalu, masih akan berlangsung di Jatim dengan digelarnya GIIAS di Surabaya pada akhir bulan September ini.

Meski demikian, Yopi juga mengakui bahwa untuk beberapa tipe, pihaknya menghadapi kendala di suplai. Untuk bisa mendapatkannya, konsumen harus inden antara dua sampai tiga bulan.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved