Breaking News:

Berita Kampus Surabaya

Pemkot Surabaya Membuat Rating Game untuk Anak, Apa Tujuannya?

Menurutnya penggunaan handphone paling sering dijadikan untuk media bermain. Untuk itu sejak lama di tingkat SD dan SMP dilarang membawa handphone.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Yuli
sulvi sofiana
Anak-anak yang bermain video game harus didampingi dan diseleksi game yang dimainkannya. Seperti saat bermain video game di stan teknologi dalam rangkaian Lustrum Fakultas Teknik ke-Vl Universitas Surabaya (Ubaya) di Grand City, Minggu (25/9/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Emosi dan semangat anak dalam memainkan video game ataupun game online sedang meluas.

Membatasi anak-anak akan permainan yabg sednag trendi di kalangannya ini juga akan memberikan dampak psikologis tersendiri pada anak.

Untuk itu, pengawasan orang tua, lingkungan, sekolah dan pemerintah diharapkan bisa membatasi permainan anak ini.

Apalagi sejak Juli 2016, pemerintah telah mengeluarkan aturan terkait rating game.

Dalam dialog “Melek Game”, Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Adang Kurniawan, menegaskan, rating game ini bertujuan sebagai imbauan, bukan larangan untuk peredaran sebuah judul game.

Dengan sistem rating tersebut, orangtua dapat melihat apakah konten yang ada cocok untuk dikonsumsi atau tidak bagi anak.

Akan tetapi, rating game tersebut hanya berupa acuan saja alias tidak mengikat sama sekali. Rating tersebut hanya bertugas sebagai peringatan saja.

“Orangtua tetap bebas membelikan game dengan rating apapun untuk sang anak. Tentunya, jika orangtua sudah memahami tanggung jawab dan konsekuensi di balik keputusannya,” jelasnya di sela dialog yang merupakan rangkaian Lustrum Fakultas Teknik ke-Vl Universitas Surabaya (Ubaya) di Grand City, Minggu (25/9/2016).

Pemantauan permainan ini juga ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan.

Menurutnya penggunaan handphone paling sering dijadikan untuk media bermain. Untuk itu sejak lama di tingkat SD dan SMP dilarang membawa handphone.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved