Berita Malang Raya

Derita Bocah 6 Tahun dari Pasuruan, Kini Dirawat di Panti Asuhan Malang

Tubuh kurus Erik Mariyo (6) telentang di kasur di Panti Asuhan KH Mas Mansyur Jl Raya Sulfat Kota #Malang, Jumat (16/9/2016).

Derita Bocah 6 Tahun dari Pasuruan, Kini Dirawat di Panti Asuhan Malang
tribun batam
ILUSTRASI 

SURYA.co.id | MALANG - Tubuh kurus Erik Mariyo (6) telentang di kasur di Panti Asuhan KH Mas Mansyur Jl Raya Sulfat Kota Malang, Jumat (16/9/2016). Dia sedang tidur ketika SURYA.co.id mengunjungi panti itu.

Kedua kakinya tampak kurus untuk anak seusianya. Kaus yang harusnya menutupi kaus tersingkap. Namun perut itu tertutup selendang warna kuning. Di balik kain lembut itu, ada bekas operasi.

Erik baru menjalani operasi di salah satu sisi perutnya. Dia sakit infeksi usus. Ususnya bengkak. Ia tidak bisa mengeluarkan kotoran melalui anus.

Dokter telah mengoperasi tahap pertama, untuk memotong usus yang terinfeksi. Enam bulan lagi, dia harus menjalani operasi lagi untuk menyalurkan usus ke arah anusnya supaya bisa buang air besar secara benar.

Selain menderita infeksi usus, Erik juga pasien gizi buruk. Usianya enam tahun, tetapi berat badannya hanya 16 Kg.

Mulai Kamis (15/9/2016) pagi, dia baru tinggal di panti asuhan itu. Dia akan berada di panti itu hingga operasi kedua, yang diperkirakan enam bulan lagi.

Ya, Erik tak memiliki keluarga di Malang. Bocah itu tercatat di sebuah KK milik Ny Sutinah (75) warga Jl Erlangga Kelurahan/Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan.

10 hari terakhir sebelum di panti, Erik menjadi pasien RS Saiful Anwar. Dokter RSSA yang mengoperasinya. Bocah itu dirujuk ke RSSA setelah ketua RW di lingkungan rumahnya, menolongnya.

Sulistyani, staf Panti Asuhan KH Mas Mansyur, menceritakan bahwa ketua RW itu yang membawanya ke RSSA setelah melihat kondisi Erik yang sakit dan memprihatinkan.

Erik mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kota Pasuruan. Nenek asuhnya Sutinah, juga memiliki surat pernyataan miskin.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved