Breaking News:

Berita Sumenep

Cegah Penyebaran Virus Zika, Ini Antisipasi yang Dilakukan Dinas Kesehatan Sumenep

Di sejumlah pelabuhan yang menghubungkan antar pulau di Sumenep pun disediakan ruangan khusus.

Penulis: Moh Rivai | Editor: Titis Jati Permata
coconut.co
Nyamuk Aedes Aegypti 

SURYA.co.id | SUMENEP – Pemkab Sumenep melalui Dinas Kesehatan berupaya melakukan pencegahan dan antisipasi merebaknya virus zika, meski belum ada warganya yang terserang penyakit tersebut.

Salah satunya menyiapkan ruangan khusus bagi pengidap virus zika di masing-masing Puskesmas, baik yang di wilayah daratan ataupun di kepulauan.

Bahkan di sejumlah pelabuhan yang menghubungkan antar pulau di Sumenep pun disediakan ruangan khusus atau ruang isolasi bagi penderita virus Zika.

“Tapi Alhamdulillah, hingga kini di Kabupaten Sumenep, baik yang ada di wilayah daratan dan kepulauan tidak ada warga yang terkena penyakit akibat virus zika tersebut,” ujar Kadis Kesehatan Sumenep, dr Ahmad Fathoni, Selasa (13/9/2016).

Menurutnya, dibuatnya tempat khusus atau ruang isolasi sebelum ada penyebaran penyakit akibat virus Zika tersebut merupakan upaya pencegahan lebih awal terhadap kemungkinan virus tersebut masuk ke Sumenep.

Artinya, bila terjadi pihaknya sudah siap mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut.

“Tentu kami berharap penyakit mematikan itu tidak terjadi di Sumenep. Namun bila hal tersebut ada, kita sudah siap mengantisipasi dan merelokasi merebaknya penyakit akibat gigitan nyamuk tersebut,’”sambung Fathoni.

“Kami sudah siapkan ruangan isolasi bagi penderita penyakit zika. Ruangan khusus itu berada dimasing-masing Puskesmas yang ada di daratan dan kepulauan,” jelasnya.

Selain ruang isolasi atau ruang khusus untuk penderita akibat virus Zika di seluruh puskesmas dan di seluruh pelabuhan yang menghubungkan Sumenep dengan luar Kabupaten Sumenep, juga dipersiapkan pula para tenaga-tenaga medis yang mumpuni untuk mencegah dan memberi pertolongan pada penderita zika.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved