Berita Malang Raya

Wali Kota Malang Disuruh Cari Lahan Dekat Kampus untuk Techno Park

Setelah adanya permintaan kementerian agar pemkot mencari lahan dekat kampus, Jalan Bondowoso akhirnya dipilih.

Wali Kota Malang Disuruh Cari Lahan Dekat Kampus untuk Techno Park
repro: sugiyono
ILUSTRASI - Desain Techno Park. 

SURYA.co.id | MALANG - Pembangunan Techno Park di Kota Malang memasuki progres baru.

Pemerintah Kota Malang kini tengah mencari lahan yang bisa dipakai untuk pendirian bangunan itu. Salah satu titik yang kemungkinan besar dipilih adalah di Jalan Bondowoso, Kecamatan Klojen.

Pemilihan lokasi di sekitar jalan itu karena berdekatan dengan area kampus. Pemkot Malang mendapat arahan dari Kementrian Perdagangan agar mencari lahan pendirian Techno Park di lokasi sekitar kampus.

Dana pendirian bangunan nantinya berasal dari Kementerian Perdagangan.

“Kemarin saya disuruh mencari lahan. Dia (kementerian) minta ditempatkan di tempat strategis yang dekat kampus. Kalau itu, kami terdekat hanya ada di Jalan Bondowoso,” kata Wali Kota Malang M Anton, Sabtu (10/9/2016).

Saat ini, lanjut dia, tersisa lahan yang cukup luas di sektiar sana. Sayangnya, status lahan itu bukan aset pemkot. Namun, Anton menyebut lahan di sana sudah dalam proses penyerahan ke pemkot.

Konsep dan detail rencana pembangunan Techno Park pun sudah dirampungkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang.

Ia menjelaskan, bangunan Techno Park akan mewadahi pelbagai industri kreatif yang ada di Kota Malang.

Tempat itu nanti akan menjadi titik perkumpulan baru wadah Malang Creative Fusion (MCF), sebauah wadah yang dibentuk oleh pemkot sebagai pengembang industri ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Dana bantuan dari kementerian dan kami hanya diminta buat menyiapkan lahan. Techno Park penting karena sebagai tindaklanjut dari peningkatan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Soal waktu realisasi, Anton belum bisa memastikan. Langkah terdekat, pemkot bakal menghitung detail lokasi yang bakal diusulkan dalam berkas untuk dikirim ke kementerian.

Rencana pembangunan Techno Park oleh Kementrian Perdagangan muncul saat pagelaran Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) di Kota Malang April lalu.

Rencana saat itu, Techno Park akan dibiayai dengan dana APBN 2017. Hanya saja, ada perbedaan penentuan titik lokasi.

Saat itu, pemkot berencana menempatkan Techno Park di Kecamatan Kedungkandang. Maklum, sebagaian besar aset pemkot ada di daerah itu.

Setelah adanya permintaan kementerian agar pemkot mencari lahan dekat kampus, Jalan Bondowoso akhirnya dipilih. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved