Berita Gresik

RT-RW se-Gresik Bakal Terkoneksi via Internet

kami ingin RT/RW se-Kabupaten Gresik terkoneksi melalui internet,” kata Sambari usai menerima penghargaan Nasional kepada Surya (TRIBUNnews.com Networ

RT-RW se-Gresik Bakal Terkoneksi via Internet
Surya/M Taufik
Sambari Halim ketika menerima penghargaan Nasional 

SURYA.co.id | GRESIK - Semua RT/RW se-Kabupaten Gresik bakal terkoneksi melalui sambungan Internet.

Dengan dana desa yang ada, hal itu diyakini bakal segera terwujud dan bermanfaat bagi kemajuan IT di Gresik sampai ke tingkat paling bawah.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyampaikan keinginannya itu di hadapan pejabat PT Telkom serta seluruh Kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang menghadiri penerimaan penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik dari PT Telkom, Senin (29/8/2016).

“Kami sudah mengalokasikan kebutuhan internet untuk 330 desa di Kabupaten Gresik melalui dana Desa. Ke depan, kami ingin RT/RW se-Kabupaten Gresik terkoneksi melalui internet,” kata Sambari usai menerima penghargaan Nasional kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Penghargaan Smart City Nusantara untuk Pemerintah Kabupaten Gresik diserahkan oleh Operation Senior Manager (OSM) Regional Enterprise Govermer & Bisnis Service Wiayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Imam Muncar kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang didampingi Wakil Bupati Mohammad Qosim di Ruang Graita Eka Praja, kompleks Pemkab Gresik, Senin (29/8/2016).

"Bagi kami, penghargaan ini merupakan tantangan agar kami berbuat lebih baik lagi dibidang IT. Dengan Penghargaan ini, kami merasa terbimbing untuk bisa berbuat agar IT di Gresik bisa menjadi yang terdepan," papar Sambari kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Diakuinya, pengembangan dan pemanfaatan Teknologi, Informatika dan Komunikasi (TIK) di Gresik sejak tahun 2011 mengalami banyak perkembangan. Dan TIK, menurutnya, telah banyak memberikan kemudahan dalam tata kelola pemerintahan.

"Kami telah membangun jaringan fiber optic antar SKPD sepanjang 8 km. Jaringan untuk 14 kecamatan, serta pembangunan hotspot di ruang publik. dan manfaatnya sudah sangat dirasa di era yang serba modern seperti sekarang ini,” lanjut Bupati.

Bagi Pemerintah Kabupaten Gresik, penghargaan di bidang IT ini sudah diterima untuk yang kesekian kali. Sebelumnya Penghargaan ICT Pura diterima tahun 2012, IDSA 2014, Juara Telecenter, IDSA e-Healt 2015, PEGI Jatim 2015. Dan kali ini di tahun 2016 Gresik meraih Smart City Nusantara.

Sementara menurut Imam Muncar, penilaian atas penghargaan kali ini meliputi smart connect, smart solution dan smart user. Gresik salah satu penerima dari 81 Kabupaten Kota dan Propinsi se Indonesia yang meraih Penghargaan Smart city ini.

“Di Jawa Timur, Gresik adalah salah satu penerima diantara 8 penerima Pemerintah Kabupaten Kota dan Pemerintah Propinsi,” ungkapnya.

Pemberian penghargaan ini, kata dia, sebagaimana program Pemerintah pusat dalam pengembangan TIK yang dapat mendukung e-Pemerintahan, e-Pendidikan, e-Kesehatan, e-bidang logistic, e- Procurement.

"Atas prestasi tersebut, PT Telkom juga memberikan 10 acces point gratis untuk ruang public, layanan pustaka digital, layanan U-data social media analitic dan layanan Q-baca kepada Gresik," lanjutnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: M Taufik
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved