Berita Tuban

Polres Tuban Tangkap 7 PNS Betikharjo, Kebocoran Uang Tiket Wisata Rp 5,87 M

“Jangka pendek, petugas kami rolling,” pungkas Sunaryo kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Polres Tuban Tangkap 7 PNS Betikharjo, Kebocoran Uang Tiket Wisata Rp 5,87 M
surya/Iksan Fauzi
Suasana wisata pemandian Wisata Betikharjo Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Obyek wisata pemandian Betikharjo, Kabupaten Tuban, Jatim menjadi sorotan penyidik Polres Tuban sejak tertangkapnya tujuh pegawai negeri sipil (PNS) pada hari Minggu (21/8/2016) sore.

Ketujuh PNS tersebut tertangkap tangan diduga memanipulasi tiket pengunjung.

Mereka yang ditangkap, antara lain, DD, SK, TT, TR, ED, DJ, dan TS. Ketujuhnya adalah PNS Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban yang ditempatkan di pemandian Bektiharjo. Hingga saat ini, mereka masih menjalani pemeriksaan.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad mengungkapkan, pada saat operasi tangkap tangan, anggotanya mengamankan uang hasil manipulasi tiket sekitar Rp 2,7 juta. Ketujuh PNS itu lalu digiring ke Mapolres untuk diperiksa.

Rabu (24/8/2016), penyidik melakukan gelar perkara kasus tersebtu. Namun, penyidik belum memastikan besaran kerugian negara. Kendati demikian, potensi kerugian negara diduga jumlahnya besar karena obyek wisata itu beroperasi sejak 2009.

“Untuk memastikan (kerugian negara), kami perlu mengaudit dulu. nanti baru kita ketahui penyimpangannya dimana, siapa berbuat apa. Menurut keterangan dari PNS yang kami tangkap, dia baru satu tahun bertugas di sana. Tapi kami tidak percaya. Kami harus melihat dengan hasil audit,” terang Fadly usai mengikuti sidang paripurna di gedung DPRD, Kamis (25/8/2016).

Fadly menyebut, ada tiga modus manipulasi tiket di obyek wisata Bektiharjo.

Pertama, petugas tidak memberikan karcis kepada pengunjung yang sudah membayar.

Kedua, satu karcis untuk pengunjung dirobek dan diberikan ke pengunjung, sisa robekannya diberikan kepada pengunjung lain.

Ketiga, pengunjung dewasa diberi karcis bertarif anak-anak.

Halaman
123
Penulis: Iksan Fauzi
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved