Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Ketua Tim Kampanye Donald Trump Resmi Mengundurkan Diri

Trump merekrut Manafort, yang pernah menjadi penasihat presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovych, untuk mengelola konvensi Partai Republik.

Ketua Tim Kampanye Donald Trump Resmi Mengundurkan Diri
CHIP SOMODEVILLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP
Paul Manafort, mantan ketua tim kampanye Donald Trump. 

SURYA.co.id|AMERIKA- Kepala tim kampanye Donald Trump, Paul Manafort, Jumat (19/8/2016), menyatakan pengunduran diri di bawah bayang-bayang investigasi korupsi Ukraina.

Manafort juga disisihkan dalam sebuah "reshuffle" di saat berbagai jajak pendapat mulai menunjukkan berkurangnya dukungan terhadap Donald Trump.

Kepergian ahli strategi yang pernah menjadi penasihat sejumlah kandidat presiden hingga ke masa Gerald Ford ini menyusul pekan-pekan berisi laporan media terkait krisis terhadap kampanye Donald Trump.

"Pagi ini, Paul Manafort mengajukan, dan saya terima, pengunduran dirinya dari kampanye ini," kata Trump dalam sebuah pernyataan resmi.

Trump menyatakan terima kasihnya kepada Manafort dan menyebutnya sebagai seorang profesional sejati.

Trump merekrut Manafort, yang pernah menjadi penasihat presiden terguling Ukraina Viktor Yanukovych, untuk mengelola konvensi Partai Republik.

Perekrutan Manafort itu menjadi awal kembalinya pria itu ke kancah politik kelas atas Partai Republik dalam 20 tahun terakhir. Namun agaknya Trump dan Manafort menyesali kerja sama ini.

Manafort dipuji karena mencoba mengubah Donald Trump, pengusaha yang kerap melempar retorika dan belum pernah duduk di pemerintahan, menjadi sosok yang bisa diterima pemilik suara.

Namun, serangkaian kontroversi dan kesalahan besar yang dilakukan miliarder asal New York, termasuk pertengkaran dengan orangtua prajurit AS beragama Islam yang gugur di Irak, membuat elektabilitas Trump terus merosot.

Menurut jajak pendapat yang digelar Real Clear Politics, kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton kini unggul dengan perolehan suara 47,2 persen dibanding Trump yang hanya 41,2 persen.

Editor: Rahadian Bagus Priambodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved