Berita Lifestyle

Ini Pantangan Makanan bagi Penderita Hipertensi

Dianjurkan untuk mengurangi makanan yang berprotein tinggi, antara lain kornet, keju, sosis dan kecap.

Ini Pantangan Makanan bagi Penderita Hipertensi
pixabay
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah pada dinding pembuluh darah arteri meningkat.

Para penderita hipertensi harus sangat memperhatikan pola makan karena salah satu pemicu tertinggi penyakit tekanan darah tinggi adalah konsumsi garam (natrium) yang berlebih.

Eko Dwi Martini DCN, ahli gizi RS Graha Amerta Surabaya, mengatakan penderita hipertensi lebih baik mengonsumsi makanan yang natural dengan gula dan kaldu sebagai perasa.

Yang paling penting adalah menghindari makanan dengan kandungan natrium tinggi.

Makanan yang tinggi natrium dapat meningkatkan tekanan darah, dan semakin sedikit natrium yang dikonsumsi maka makin terkendali tekanan darah penderita.

Makanan yang banyak mengandung natrium antara lain adalah crackers, roti, havermut, biskuit, mentega, telur, roti tawar putih yang diproses dengan banyak garam.

Selain itu juga dianjurkan untuk mengurangi makanan yang berprotein tinggi, antara lain kornet, keju, sosis dan kecap.

Ditambah susu, lemak, kaldu blok, dan bumbu masak kemasan juga sebaiknya tidak banyak dikonsumsi.

Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah karena hampir tidak mengandung natrium, dan minum banyak air putih.

“Protein nabati juga bagus untuk dikonsumsi, seperti tahu dan tempe, serta protein hewani yang tidak terlalu tinggi yaitu ayam dan ikan yang tidak berlemak,” kata Eko.
Sementara untuk proses memasak, Eko menyarankan penderita hipertensi mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus dan bukan digoreng.

Untuk jadwal makan, penderita hipertensi baiknya makan dengan porsi kecil 3 kali sehari yang diselingi dengan 2 kali snack.

“Untuk jumlah dan komposisi makanan, bisa disesuaikan dengan jenis kelamin, aktivitas, tinggi badan, dan berat badan penderita,” tutupnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok
LIKE Facebook Surya - http://facebook.com/SURYAonline
FOLLOW Twitter Surya - http://twitter.com/portalSURYA

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved