Breaking News:

Berita Bangkalan Madura

BPWS Kembali Bebaskan Lahan Rest Area di Sisi Madura

"Bukan berarti meninggalkan tiga kabupaten lainnya di Madura, namun 80 persen anggaran yang ada tahun ini memang difokuskan untuk Bangkalan," jelasnya

surya/Ahmad Faisol
Ganti untung pembebasan lahan tahap keempat untuk rest area dilakukan di BNI Cabang BNI Bangkalan, Kamis (18/8/2016) 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Secara perlahan, pembebasan lahan seluas 40 hektare (ha) untuk kebutuhan rest area di Kawasan Kaki Jembatan Suramadu sisi Madura (KKJSM) semakin mendekati rampung.

Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) kembali membebaskan empat bidang tanah seluas 0,9 ha senilai Rp 7,5 miliar, Kamis (18/8/2016).

Uang ganti untung diterima tiga pemilik empat bidang lahan tersebut di BNI Cabang Bangkalan.

Mereka adalah Liliek Rachmawati, pemilik lahan seluas 6,267 meter persegi senilai Rp 4,9 miliar dan Dadang Ahmad Alfarozi seluas 297 meter persegi senilai Rp 310,6 juta. Keduanya warga Desa Sukolilo Barat Kecamatan Labang.

Sementara Hasan Madun, warga Desa Pangpong Kecamatan Labang menerima uang ganti untung sebesar Rp 2,1 miliar dengan luas lahan 2,436 meter pesegi.

Kepala Divisi Penyiapan Kawasan BPWS Eddi Harlijadi mengungkapkan, kali ini merupakan pembebasan tahap keempat yang dilakukan sejak pengadaan tanah dilakukan pada Desember 2015.

"Tahap pertama seluas 20,5 hektare dengan total nilai Rp 168 miliar. Tahap kedua pada Maret 2016 seluas 2 hektare, ketiga 1,4 hektae, dan saat ini 0,9 hektare. Insya Allah September nanti ada lagi pembebasan lahan," ungkap Eddi yang ditemui di BNI Cabang Bangkalan kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Ia menjelaskan, pembebasan lahan untuk kepentingan rest area itu merupakan langkah awal untuk mengembangkan Madura, khususnya Bangkalan yang menjadi fokus BPWS.

"Bukan berarti meninggalkan tiga kabupaten lainnya di Madura, namun 80 persen anggaran yang ada tahun ini memang difokuskan untuk Bangkalan," jelasnya kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Di tahun 2016, pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 318,5 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 14,5 miliar dianggarkan untuk Surabaya, Rp 180 miliar untuk Kabupaten Bangkalan dan sisanya untuk tiga kabupaten lainnya di Madura.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved