Berita Surabaya

Tiap Akhir Pekan Ada Kereta Api Empuk Rute Surabaya - Malang PP

Setiap weekend begitu banyak penumpang dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya. Kami akan sediakan KA baru khusus kelas bisnis yang empuk.

Tiap Akhir Pekan Ada Kereta Api Empuk Rute Surabaya - Malang PP - ilustrasi-salah-satu-kereta-api-eksekutif-pt-kai_20160523_184333.jpg
kereta-api.co.id
ILUSTRASI - Salah satu kereta api nyaman.
Tiap Akhir Pekan Ada Kereta Api Empuk Rute Surabaya - Malang PP - berita-malang-kereta-api-kelas-bisnis_20160816_205122.jpg
nuraini faiq
KELAS BISNIS - Kereta Api ini yang akan melayani rute Surabaya - Malang PP.

SURYA.co.id | SURABAYA - Mulai pekan ini, PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya akan menambah perjalanan KA baru jurusan Surabaya-Malang PP.

Setiap penumpang akan dimanjakan dengan KA empuk dengan gerbong nyaman setiap weekend. KA Bisnis relasi dua kota utama di Jatim itu akan diluncurkan, Jumat (19/8/2016) besok.

"Setiap weekend begitu banyak penumpang dari Surabaya ke Malang dan sebaliknya. Kami akan sediakan KA baru khusus kelas bisnis yang empuk dan nyaman setiap weekend," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, Selasa (16/8/2016).

Selain nyaman karena kursi yang empuk dan ber-AC, dengan naik KA jarak tempuh bisa dipastikan. Lama perjalanan dan masa tiba di Malang dan Surabaya juga bisa dipastikan. Tidak ada macet saat menaiki KA empuk bertarit Rp 40.000 per orang ini.

KA baru tersebut diberi nama Singosari Ekspress. KA dengan relasi Surabaya-Malang ini akan menjadi pilihan warga tidak saja untuk tujuan pulang pergi dari rumah ke tempat kerja. Namun lebih tepat KA nyaman itu diproyeksikan untuk perjalanan tujuan wisata.

"Singosari Ekspress akan kami launching Jumat, 19 Agustus 2016. KA ini hanya akan beroperasi saat Jumat, Sabtu dan Minggu," tambah Gatut.

Rangkaian KA Singosari Ekspress ini sebenarnya peremajaan dari KA Mutiara Selatan. KA baru tapi lama itu merupakan kereta idle dari KA Mutiara Selatan. Rangkaian KA Singosari terdiri dari 5 kereta kelas bisnis. Kapasitas tempat duduk sebanyak 320 seat.

KA Singosari Ekspress tersebut dijadwalkan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 09.55 WIB dan tiba di Stasiun Malang pada pukul 12.01 WIB. Kemudian KA yang sama akan kembali berangkat dari Stasiun Malang pada jam 13.15 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada jam 15.14 WIB.

Tidak seperti KA Eksekutif Bima misalnya yang tanpa berhenti di sejumlah stasiun. KA Singosari Ekspress itu harus singgah di sejumlah stasiun. Yakni Stasiun Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, dan Lawang.

"Masyarakat yang ingin memesan tiket KA Singosari Ekspress bisa memesan di loket Stasiun ataupun berbagai channel eksternal pemesanan tiket KA resmi," ucap Gatut.

Sementara itu, Manajer Komersil dan Layanan PT KAI Daop 8 Surbaya, Fransepta Riko, menuturkan bahwa Malang sebagai kota wisata harus dilayani dengan moda transportasi umum yang nyaman. "KA Singosari Ekspress ini adalah salah satu pilihan," kata Riko.

KA baru ini memang diproyeksikan khusus untuk para penikmat wisata. Para pelancong bisa menjadikan KA ini sebagai sarana transportasi yang ideal. Meski ingin menangkap para pelancong, namun kelas KA saat ini baru kelas bisnis. Ada sebenarnya KA Bima relasi Jakarta-Malang lewat Stasiun Gubeng Surabaya. Namun jamnya pagi.

Saat weekend ada peningkatan yang luar biasa untuk penumpang Malang dan Surabaya. Apagi Malang banyak destinasi wisata. "Ini on progress, kami akan bekerja sama dengan hotel dan tempat wisata di Malang untuk penumpang khusus KA Singosari Ekspress," kata Riko.

Untuk pengoperasian perdana dan awal-awal ini, KA baru itu belum bisa ditarget tingkat okupansi penumpang. Riko menargetkan total kursi di KA itu setiap kali berangkat terisi 40 persern. Jumlah ini sudah bagus.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved