Tata Kota Surabaya

Surabaya Cantik di Cuma Tengah Kota, Lihatlah Kawasan Pinggiran, Gelap dan Rawan Begal!

Surabaya ini kan bukan hanya terpusat di tengah kota, melainkan pinggiran juga Surabaya. Seharusnya Pemkot juga lebih mengerti.

Surabaya Cantik di Cuma Tengah Kota, Lihatlah Kawasan Pinggiran, Gelap dan Rawan Begal! - berita-surabaya-prepcom-lagi_20160725_100615.jpg
surya/ahmad zaimul haq
Gemerlap Jl Tunjungan yang berhias lampion dan lampu hias, Minggu (24/7). Kota Surabaya sudah siap menjadi tuan rumahThe Third Session of the Preparatory Committee for Habitat III (Prepcom) yang akan digelar mulai Senin (25/7/2016) di Grand Convextion & Exibition Hall (Convex) Surabaya.
Surabaya Cantik di Cuma Tengah Kota, Lihatlah Kawasan Pinggiran, Gelap dan Rawan Begal! - jalan-ir-soekarno-atau-merr-surabaya_20160814_230321.jpg
galih lintartika
RAWAN BEGAL - Jalan Ir Soekarno atau MERR Surabaya belum terpasang lampu penerangan jalan umum.

SURYA.co.id | SURABAYA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk lebih adil dalam memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Dewan menilai masih banyak kawasan di Surabaya yang belum terpasang PJU, apalagi kawasan pinggiran Surabaya semisal Kenjeran, Bulak, Kedung Cowek, Pakal, Benowo, Gunung Anyar, dan lainnya.

Anggota Komisi C Vinsensius Awey menilai, upaya DKP dalam mempercantik wajah Surabaya ini cukup baik. Namun, ia sangat menyanyangkan kenapa ada beberapa wilayah di Surabaya pinggiran belum dilengkapi dengan penerangan yang cukup.

"Seharusnya pemasangan PJU ini bisa merata, jadi tidak hanya tengah kota saja yang terang, tapi kawasan pinggiran juga terang," katanya kepada SURYA.co.id, Minggu (14/8/2016).

Awey, sapaan akrabnya, pemerataan itu harus dilakukan. Sebab, jika tidak merata, akan muncul kesan bahwa Pemkot ini hanya konsen membangun Kota bukan Surabaya secara utuh dari Utara - Selatan, ataupun Barat - Timur.

"Kalau mau membangun Surabaya harus semuanya, jangan tebang pilih seperti ini. Warga pinggiran Kota Surabaya kan juga ingin mendapatkan penerangan yang cukup," terang politisi Partai Nasdem tersebut.

Anggota Komisi C lainnya, Sudirjo menambahkan, beberapa wilayah yang paling parah tidak ada PJUnya adalah kawasan Semampir, Bogangan, dan Karang Pilang.

"Surabaya ini kan bukan hanya terpusat di tengah kota, melainkan pinggiran juga Surabaya. Seharusnya Pemkot juga lebih mengerti mana daerah yang perlu dipercantik, bukan kota dan kota yang terus dipecantik," paparnya.

Politisi Partai PAN ini mengungkapkan, seharusnya Pemkot membuat draft pemasangan PJU. Ia menyebut sampai kapan Pemkot mempercantik kota dan melupakan kawasan Surabaya pinggiran.

"Mau sampai kapan, Kota ini dipercantik. Kota ini sudah cantik dan saatnya membangun kawasan pinggiran Surabaya," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved