Berita Banyuwangi

Rakyat Banyuwangi Berpesta di Festival Layang - layang

Coba ketika dia tidak main layang-layang, tidak sampai 15 menit tidak tahan panas-panasan," kata Anas kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Rakyat Banyuwangi Berpesta di Festival Layang - layang
Surya/Haorrahman
Suasana Festival Layang-Layang Banyuwangi, tamak Bupati Bannyuwangi, Sabtu (6/8/2016) 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Ratusan masyarakat Banyuwangi berpesta bersama layangan di Kite (layang-layang) Festival 2016, di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (6/7/2016) sore. Tua, muda, bahkan anak-anak tumpah di pantai Boom.

Festival ini menjadi liburan keluarga bagi masyarakat Banyuwangi. Banyak anak-anak berlarian sambil memegangi tali dan menerbangkan layang-layang.

Tidak hanya warga Banyuwangi, bule-bule juga tertarik menyaksikan Festival Layang-Layang ini. Demikian juga dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas juga menerbangkan layang-layang.

Anas mengatakan layang-layang memiliki banyak filosofi dan edukasi, terutama anak-anak.

"Ketika bermain layang-layang, orang rela berjam-jam di terik matahari. Coba ketika dia tidak main layang-layang, tidak sampai 15 menit tidak tahan panas-panasan," kata Anas kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Dari sini bisa dipetik pelajaran, ketika ada motivasi, rintangan tidak menjadi halangan untuk meraih cita-cita.

"Jadi kita harus memiliki motivasi dalam hidup ini," kata Anas.

Iselain itu, saat bermain layangan harus pandai-pandai kapan harus menarik dan mengulur tali. Ini memiliki filosofi, dalam hidup juga harus pandai memilih.

Banyuwang sendiri memiliki banyak karakter wayang-wayang. Festival kali ini, tema yang diusung ‘Segoro Banyuwangi’. Ada empat kategori yang dilombakan, yakni layangan hias, bandetan, buntutan dan suwangan.

"Khusus layangan hias, peserta wajib menampilkan layangan dengan corak yang sesuai dengan tema kelautan. Seperti ikan, perahu jukung, penyu, gandrung membawa pancing, atau lainnya yang penting bernuansa laut Banyuwangi. Peserta bebas berimprovisasi dengan aneka kreasinya," kata Wawan Yadmadi, Plt Kadispora.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved